Selasa, April 16, 2024
Beranda Sample Page

Sample Page Title

KONTRASTIMES.COM-JAKARTA, Para pemimpin negara-negara ASEAN menggelar ASEAN Leaders’ Meeting (ALM), di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta. Pertemuan ini akan membahas mengenai krisis yang terjadi di Myanmar.Sabtu (24/04/2021)

“Para pemimpin ASEAN termasuk Presiden Republik Indonesia telah menerima undangan dari Sultan Brunei Darussalam selaku Ketua ASEAN, untuk menghadiri ALM hari ini di Sekretariat ASEAN. Presiden menekankan bahwa ALM ini semata dilakukan atau diselenggarakan untuk kepentingan rakyat Myanmar,” ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi, Jumat (23/04/2021).

Presiden Jokowi tiba di lokasi sekitar pukul 13.12 WIB dan disambut langsung oleh Sekretaris Jenderal ASEAN Dato Lim Jock Hoi.

Setelah berfoto dan mengisi buku tamu kedatangan, Presiden beserta para pemimpin atau perwakilan negara-negara ASEAN menuju ruang pertemuan di Bali Lounge, Sekretariat ASEAN, untuk mengikuti jalannya ALM.

ALM kali ini terdiri atas tiga segmen, yakni pembangunan masyarakat ASEAN, hubungan eksternal ASEAN, serta isu-isu regional dan internasional.

Para pemimpin negara ASEAN tersebut maupun utusannya telah tiba di Tanah Air untuk menghadiri pertemuan ini. Kemarin, Jumat (23/04/2021), Perdana Menteri (PM) Vietnam Phạm Minh Chính dan rombongan tiba di Bandar Udara (Bandara) Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, sekitar pukul 10.45 WIB dengan menggunakan pesawat Vietnam Airlines. Sore harinya, PM Phạm Minh Chính melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Selanjutnya, sekitar pukul 16.54 WIB, tiba di Tanah Air pemimpin Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah. Ketua ASEAN ini terlihat didampingi oleh putranya Mateen Bolkiah.

Menyusul kedatangan Sultan Brunei, tiba di Indonesia Perdana Menteri (PM) Kamboja Hun Sen sekitar pukul 17.27 WIB.

Kemudian, pagi ini, Sabtu (24/04/2021) sekitar pukul 07.43 WIB, Perdana Menteri (PM) Malaysia Muhyiddin Yassin tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Menyusul kedatangan PM Malaysia, sekitar pukul 08.00 WIB tiba di Tanah Air Menteri Luar Negeri Laos Saleumxay Kommasith yang akan hadir pada ALM mewakili pemimpin negara tersebut.

Baca Juga:   Pemerintah Dukung Pembentukan Induk Perusahaan dan Transisi Energi PT PLN Persero

Selanjutnya, tiba Menteri Luar Negeri Thailand Don Pramudwinai sekitar pukul 09.15 WIB. Don adalah utusan khusus Thailand dalam ALM kali ini.

Baca Juga:   Wapres Tegaskan Hadirnya KDEKS untuk Mendukung Kemajuan Ekonomi dan Keuangan Syariah di Indonesia

Ketibaan selanjutnya adalah Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong yang mendarat di Tanah Air sekitar pukul 09.48 WIB.

Menyusul, sekitar pukul 11.00 WIB, tiba di Indonesia Panglima Militer Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing.

Sebagai bagian dari penerapan protokol kesehatan, di Bandara Soekarno Hatta seluruh pemimpin dan delegasi negara-negara ASEAN yang akan mengikuti ALM tersebut menjalani PCR swab test dan penapisan kesehatan lainnya.

Penyelenggaraan ALM diharapkan dapat mencapai kesepakatan, utamanya mengenai langkah-langkah yang baik bagi rakyat Myanmar dan membantu Myanmar keluar dari situasi saat ini.

Menlu RI Retno Marsudi dalam keterangannya, Jumat (23/04/2021) kemarin, menyatakan bahwa penyelenggaraan pertemuan tersebut menjadi pertemuan langsung secara fisik pertama para pemimpin ASEAN selama masa pandemi ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Hal itu menggambarkan keseriusan dan tekad kuat para pemimpin ASEAN untuk membantu Myanmar.

“Komitmen para pemimpin untuk bertemu secara fisik merupakan refleksi kekhawatiran yang dalam ASEAN terhadap situasi yang terjadi di Myanmar dan tekad ASEAN untuk membantu Myanmar keluar dari krisis ini,” ujarnya

LK/ALI

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terbaru

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.