Kamis, Mei 30, 2024
Beranda Sample Page

Sample Page Title

KONTRASTIMES.COM.HALBAR-Kepala Sekolah Luar Biasa (SLB) Hatebicara, Kecamatan Jailolo, Abdullah menyatakan sosialisasi yang digelar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Halmahera Barat di Sekolah tersebut merupakan kegiatan yang bersifat edukasi.

Hal itu disampaikan Abdullah, pada pelaksanaan sosialisasi Pemahaman Kepemiluan Bagi Pemilih Disabilitas, Jumat (18/3/2022).

Ia mengucapkan terimakasih serta memberikan penghargaan kepada Bawaslu yang sudah melaksanakan kegiatan sosialisasi dengan tujuan memberikan pemahaman pemilu terhadap penyandang disabilitas.

“Kegiatan seperti ini merupakan kegiatan yang edukatif terhadap anak-anak yang berkebutuhan khusus pada pemilihan umum di tahun 2024 untuk dapat memberikan yang terbaik terhadap bangsa dan negara,”katanya.

Abdullah menjelaskan, Sekolah SLB merupakan sekolah yang dikenal dengan sekolah anak-anak yang berkebutuhan khusus, berbagai problem serta berbagai tingkatannya, baik dari sisi kemampuan dan kekuatan dalam hal kehidupan kesehariannya.

“Sehingga dengan adanya kegiatan ini, anak-anak kami nanti akan mengetahui secara jelas apa yang akan terjadi pada tahun 2024 mendatang. Sebab ini adalah suatu pengalaman buat mereka,”tuturnya.

Disampaikan, bahwa dalam SLB, terdapat beberapa kategori siswa yang berkebutuhan khusus, yakni rungu atau tidak bisa berbicara yang hanya bisa berbicara dengan bahasa isyarat, tuna grahita atau yang kemampuannya dibawah dibandingkan dengan anak-anak normal yang kemampuannya diatas 70%.

“Ada juga down sindrom atau yang dikenal dengan satu wajah seribu manusia dengan kemampuan sensor motorik yang lemah,”ungkapnya.

Ia berharap pelaksanaan sosialisasi itu bisa memberikan manfaat terhadap anak-anak yang berkebutuhan khusus untuk diimplementasikan pada momentum pemilihan nanti.

“Mudah-mudahan apa yang nanti diberikan oleh Bawaslu melalui kegiatan ini nantinya bisa bermanfaat sehingga bisa dipraktekkan anak pada saat pemilihan di 2024 mendatang,”tutup Abdullah.

Sementara Ketua bawaslu Alwi Ahmad dalam sambutannya mengatakan, kegiatan sosialisasi tersebut merupakan kegiatan nasional yang diselenggarakan di seluruh daerah dengan melibatkan seluruh unsur masyarakat.

“Untuk itu, saya mengajak kepada seluruh unsur masyarakat untuk bersama-sama menjaga demokrasi agar bisa berjalan dengan baik. Sehingga kedepan pemimpin yang diidamkan bersama dan bisa mensejahterakan masyarakat, bisa membangun daerah dengan baik, sebagaimana yang kita impikan bersama sehingga bisa dinikmati oleh generasi yang akan datang,”ujarnya.

Baca Juga:   Bersama Tiga Pilar Polisi di Ngawi Lakukan Fogging Cegah DBD
Baca Juga:   Peduli Bencana Gempa Cianjur, Polres Purwakarta Kirimkan Bantuan Kemanusiaan

Alwi menambahkan, sebagai bentuk partisipasi anak-anak yang berusia 17 tahun keatas, akan diikutsertakan dalam pemilihan dengan kategori pemilih pemula.

“Jadi kalau sudah bisa berpartisipasi dalam pemilih maka kita sudah pasti mengetahui bagaimana peran-peran kita semua di masyarakat sehingga dengan adanya kecurangan pemilu bisa disampaikan atau dilaporkan kepada Bawaslu untuk ditindaklanjuti,”bebernya.

Menurutnya, jajaran Bawaslu Kabupaten sangat sedikit sebab di kabupaten hanya terdapat tiga orang, di Kecamatan tiga orang, Panwas desa satu orang dan pada saat momentum pemilihan di TPS, hanya terdapat satu orang.

“Jumlah jajaran bawaslu terbilang sedikit sehingga tidak mungkin bisa mengawasi seluruh aktivitas demokrasi, sebab yang diawasi mulai dari masyarakat, tim sukses, tim pemenangan, ASN, TNI-POLRI yang merupakan tanggungjawab Bawaslu demi menjaga netralitas seluruh komponen sehingga pelaksanaan momentum politik bisa berjalan dengan baik,”katanya.

Selain itu, Alwi mengucapkan terimakasih serta memberikan apresiasi kepada pihak SLB yang telah mengikutsertakan dan berpartisipasi bersama jajaran penyelenggara pemilu.

“Atas nama Bawaslu beserta jajaran, saya ucapkan terima kasih serta apresiasi atas partisipasinya dalam mendukung kegiatan sosialisasi yang nantinya akan diperhadapkan dengan hajatan nasional pada tahun 2024 mendatang,”pungkasnya.

Diketahui, turut hadir pada giat tersebut ialah Ketua Bawaslu Halbar Alwi Ahmad, Kordiv PHL Aknosius Datang, Staf Bawaslu Halbar, Kepala Sekolah SLB Halbar Abdullah dan Dewan Guru SLB, serta para siswa SLB tingkatan SMP dan SMA.

Raja Man Kaswalat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari kontrastimes.com dan download aplikasi kami, menarik untuk dicoba, setelah di install (klik SKIP pojok kanan atas langsung masuk Berita-berita Ter update) di:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kontrastimes.indonesia

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terbaru

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.