Jumat, Mei 27, 2022

DIKPORA Magetan Maknai Hardiknas 2022 Dengan Nuansa Berbeda

KONTRASTIMES.COM-MAGETAN–Tanggal 2 Mei ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) melalui Keppres RI Nomor 316 Tahun 1959.Salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah dalam memperingati Hardiknas dengan melaksanakan upacara bendera.
Dikpora Magetan menyelenggarakan upacara bendera Hardiknas di Halaman Depan Kantor Dikpora Magetan Jum’at (13/5/2022).

Dalam kesempatan upacara bendera peringatan Hardiknas Tahun 2022 Kepala Dinas Dikpora Magetan Drs Suwata M.Si membacakan maklumat Kemendikbud bahwa Tema Hari Pendidikan Nasional 2022 adalah “Pimpin Pemulihan Bergerak untuk Merdeka Belajar”

“Namun, di tengah krisis pandemi COVID-19 yang melanda tanah air pada tahun ini, upacara bendera peringatan Hardiknas 2022 diselenggarakan secara minimalis dan terbatas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19 yang telah ditetapkan oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19,”tulis Kemdikbud yang dibacakan Drs Suwata M.Si .

Selanjutnya perlu di ketahui Tema Hari Pendidikan Nasional 2022 Menurut Surat Pedoman Peringatan Hardiknas 2022 Nomor 28254/MPK/TU.02.03/2022, penyelenggaraan upacara bendera peringatan Hardiknas 2022 diadakan pada 13 Mei 2022.
Hal itu dikarenakan tanggal 2 Mei yang menjadi Hari Pendidikan Nasional bersamaan dengan Hari Raya Idul Fitri 1443 H dan cuti bersama 2022.

Ditempat terpisah Kadispora Magetan Drs Suwata M.Si ,saat dikonfirmasi awak media berkaitan dengan Hardiknas Tahun 2022 mengatakan Upacara Bendera Peringatan Hardiknas kali ini dilaksanakan serentak se Indonesia mulai dari Paud , SD, SMP SMA dan instansi Dinas pendidikan termasuk Dikpora Magetan melaksanakan upacara bendera peringatan Hardiknas,”ungkapnya

Dijelaskan Suwata peringatan Hardiknas ini dengan tujuan agar insan pendidikan mengingat kembali filosofi dan nilai perjuangan Ki Hajar Dewantara dalam menegakkan pendidikan di Indonesia tanpa terkecuali termasuk di Dikpora Magetan .

Ditambahkan Suwata momentum upacara bendera peringatan Hardiknas Tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Kali ini pakaian yang bisa digunakan saat melaksanakan upacara bendera adalah pakaian adat tradisional.
Tentu saja harus menyesuaikan dengan norma kepantasan bagi pejabat, undangan, pegawai, pendidik, siswa, dan mahasiswa, sedangkan pakaian petugas upacara sesuai ketentuan.

Baca Juga:   Lagi, Polres Batu Raih Penghargaan

“Hardiknas Tahun 2022 tersebut arahan dari Kemendikbud ristek dalam tema”Pimpin Pemulihan Bergerak untuk Merdeka Belajar” yang artinya lebih menekankan kebijakan Merdeka Belajar diantaranya Ujian Nasional (UN) di tiadakan ,PPDB dengan sistem Zonasi.

Baca Juga:   Bhayangkari Cabang Metro Jakarta Barat Raih Juara 2 Lomba P2L

“Sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Kami berharap dengan momentum Hardiknas Tahun 2022 Alhamdulillah Covid sudah reda dan sudah menjadi Endemi ,Kita sudah PTM 100% ,berani bergerak semua kesatuan pendidikan untuk mengejar ketinggalan selama pandemi Covid kemarin karena pembelajaran belum bisa 100%,dan kami berharap di satu sisi PTM sudah 100% dan satu sisi lagi momentum Hardiknas Tahun 2022 sebagai penyemangat untuk mengejar ketinggalan ketika dimasa pandemi , pembelajaran kita tingkatkan mudah mudahan segera normal kembali sehingga siswa siswi mendapatkan hak sesuai ketentuan,”Pungkas Suwata.

Penulis: Jack.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari kontrastimes.com dan download aplikasi kami, menarik untuk dicoba, setelah di install (klik SKIP pojok kanan atas langsung masuk Berita-berita Ter update) di:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kontrastimes.indonesia

Related Articles

- Advertisement -

Berita Terbaru

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.