Jumat, Mei 27, 2022

Ditemui Bupati Ipuk, Menteri Sandi Siap Sukseskan Ajang Selancar Dunia WSL di G-Land

KONTRASTIMES.COM- JAKARTA | Ajang selancar internasional paling bergengsi di dunia, World Surf League (WSL) Championship Tour, akan digelar di Pantai Plengkung (G-Land) Banyuwangi 28 Mei-6 Juni 2022. Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani bertemu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Kamis (12/5/2022), untuk menyukseskan event dengan social media engagament terbesar ajang olahraga dunia tersebut.

“Tadi bareng Pak Sandiaga Uno kita bahas detil beberapa program yang bisa mendukung ajang selancar dunia ini. Menparekraf sangat mendukung konsep yang memadukan pariwisata dan olahraga ini, sport tourism, untuk menggerakkan ekonomi lokal,” ujar Bupati Ipuk.

Ipuk menambahkan, bahwa Banyuwangi terus mengembangkan sport tourism. Sebelumnya, Banyuwangi sendiri telah menggelar kejuaraan balap sepeda internasional, International Tour de Banyuwangi Ijen selama delapan tahun berturut-turut yang telah menjadi kalender resmi Persatuan Sepeda Dunia (UCI). Juga kejuaraan internasional sepeda BMX selama empat tahun. Semua ajang internasional yang digelar di Banyuwangi selalu mendapat nilai ekselen dari otoritas terkait di dunia.

“Dengan pengalaman Banyuwangi menjadi tuan rumah ajang sport tourism kelas dunia seperti Tour de Ijen, kita akan menyukseskan ajang selancar WSL ini untuk menjadi milestone baru bagi Banyuwangi, khususnya untuk mendorong pemulihan pariwisata,” ujar Ipuk.

Menparekraf Sandiaga Uno menyatakan dukungan penuhnya pada ajang WSL.

“Ini top. Indonesia dalam hal ini di Banyuwangi akan melaksanakan WSL Championship Tour, ini semacam piala dunianya para surfer top dunia. Kita akan all out dukung event ini. Karena ini akan membangkitkan pariwisata Indonesia, menggeliatkan ekonomi nasional,” kata Sandiaga.

“Ayo saksikan WSL, kita saksikan ombak kiri G-Land yang terkenal, salah satu yang terbaik di dunia. Sampai jumpa di G-Land,” ajak Sandiaga.

WSL Championship Tour 2022 digelar di sejumlah pantai terpilih, sejak Januari 2022 dan bakal berakhir Agustus 2022. Di antaranya di Hawaii, Australia, Amerika Serikat, Banyuwangi (Jawa Timur, Indonesia), Brazil, Afrika Selatan, Portugal, dan Tahiti.

Baca Juga:   Polres Blitar Kota Gelar Wisuda Purna Bhakti

Pantai Plengkung (G-Land) memang dikenal sebagai surga bagi peselancar dunia. Dengan ketinggian ombak 6-8 meter dan panjang 2 kilometer, pantai ini menjadi destinasi impian para peselancar di seluruh dunia.

Baca Juga:   Giat SAR Dihentikan Karena Cuaca Tidak Memungkinkan, Gelombang Tinggi, Arus Kencang, Huja Deras

Ombaknya masuk kategori salah satu terbaik di dunia. Gelombang di G-Land seringkali dapat membentuk tabung air yang hampir sempurna, di mana foto aksi peselancar di dalamnya kerap viral di berbagai belahan dunia. (*)

KTI

Related Articles

- Advertisement -

Berita Terbaru

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.