Kamis, Mei 30, 2024
Beranda Sample Page

Sample Page Title

Kontras TIMES.COM | Blitar- Wakil Bupati (Wabup) Blitar, Rahmat Santoso, memberikan apresiasi terhadap event Run For Charity (RFC) 4, yang dinilai sukses mengumpulkan donasi hingga ratusan juta rupiah.

Hal ini disampaikan Wabup Blitar, Rahmat Santoso ketika menghadiri penyerahan bantuan donasi secara simbolis pada event RFC 4 Tahun 2023, untuk Pondok Lansia Miftahul Jannah di Kelurahan Dandong, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar, Minggu (5/2/2023).

“Saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya, terhadap Komunitas Lari Run Blitar selaku penyelenggara acara ini,” ujar Wabup Rahmat.

Lebih lanjut orang nomor dua di Kabupaten Blitar ini menjelaskan kegiatan sosial berupa berlari sejauh 10, 25 hingga 50 km untuk mengumpulkan donasi ini, bukan hanya sekedar olah raga.

“Tapi juga menjaga rasa kepedulian dan kemanusian terhadap saudara kita para lansia di Pandok Miftahul Jannah ini, serta memberikan dampak positif bagi ekonomi daerah dengan kedatangan para pelari dari luar daerah. Mereka bisa berwisata di Blitar, serta berbelanja oleh-oleh khas Blitar,” jelasnya.

Apalagi ditandaskan pria yang juga Ketua Umum DPP Ikatan Penasihat Hukum Indonesia (IPHI) ini berdasarkan laporan awal hasil pengumpulan donasi, sudah mencapai angka sekitar Rp 120 juta. “Ini luar biasa, untuk tujuan yang mulia seperti ini saya pasti mendukung.

Saya secara pribadi maupun atas nama Pemkab Blitar mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Run Blitar, yang dengan tulus dan ikhlas telah membuat acara ini,” tandasnya.

Wabup Rahmat juga menuturkan semoga apa yang sudah dilakukan oleh Run Blitar, para pelari dan donatur, dicatat oleh Tuhan Yang Maha Esa sebagai amal ibadah yang tidak putus-putus pahalanya atau menjadi amal jariyah.

“Saya berharap program sosial berlari untuk menghimpun donasi atau semacam ini, bisa terus digelar dengan sasaran bergantian. Karena inilah salah satu wujud dukungan masyarakat, dalam membantu pemerintah untuk peduli dengan lingkungan sekitar yang membutuhkan bantuan kita,” tuturnya.

Baca Juga:   Semangat Gotong Royong dan Rasa Toleransi Antar Umat Beragama, Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 614/RJP Membantu Membangun Tempat Ibadah di Kalbar

Tampak hadir dalam penyerahan donasi secara simbolis ini, selain Wabup Rahmat juga Camat Srengat dan jajaran Muspika Kecamatan Srengat. Bantuan donasi RFC 4 jug bantuan dari kantong pribadi Wabup Rahmat, langsung diserahkan kepada Arif, selaku Ketua Yayasan Baitul Miftahul Jannah selaku pengelola pandok lansia.

Baca Juga:   “Diagram” Polresta Banyuwangi, Wujud Sinergi Polisi-Mahasiswa Dalam Jaga Kondusifitas Kamtibmas

Sementara itu Ketua Panitia RFC 4 yang juga Kapten dari Komunitas Lari Run Blitar, Suheri mengatakan kegiatan berlari untuk menghimpun donasi ini sudah digelar untuk ke 4 kalinya. “Sebelumnya pernah digelar untuk membantu saudara kita Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), kemudian penyandang disabilitas di Rumah Kinasih 2 kali dan terakhir di Pandok Lansia Miftahul Jannah ini,” kata Heri.

Alasan dipilihnya Pandok Lansia Miftahul Jannah ini menurut Heri, karena melihat kondisi ruangan tempat tinggal para lansia yang kurang luas. Hanya di ruangan berukuran sekitar 5×18 meter, dihuni oleh 33 orang lansia.

“Kondisi ini tentu kurang ideal untuk tempat istirahat para mbah-mbah yang ada, maka dengan dukungan donasi yang dihimpun para pelari maupun donatur bukan pelari. Ingin bisa membantu agar bisa membangun ruangan baru,” beber Heri.

Event RFC 4 ini diikuti 91 runners atau pelari dari berbagai daerah di Jawa Timur, termasuk dukungan dari Fundraiser tidak hanya dari Bali, Kalimantan dan Jakarta. “Sejak donasi dibuka pada 9 Januari 2023 lalu, target awal Rp 100 juta tapi alhamdulillah sampai 3 Februari 2023 sudah tembus Rp 120 juta lebih. Donasi terus dibuka sampai 15 April 2023, semoga bisa tembus Rp 200 juta,” pungkasnya. (**)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terbaru

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.