Rabu, Oktober 5, 2022

Geger Koperasi NMSI, Puluhan Miliar dana Mitra di Rekening Pribadi

KONTRASTIMES.COM-KEDIRI, Dugaan kehilangan uang miliaran dana Koperasi Niaga Mandiri Sejahtera Indonesia (NMSI) Jl. Patiunus, Kota Kediri, sejak awal tampaknya memang potensial untuk hilang. Sebab, semua dana yang dikumpulkan dari para mitra itu disimpan di bank di CIMB Niaga, tetapi yang bisa mengakses uang itu untuk pengambilan, hanya satu orang yaitu ketua koperasi, Christian Anton Hardianto alias Anton. “Pengurus lain tidak bisa mengakses,”ujar Lalu Ahmad Baiquni, Sekretaris Koperasi NMSI.

Seperti diberitakan, puluhan agen koperasi NMSI, yang antara lain bergerak di pembudidayaan Tawon Lanceng penghasil madu, Sabtu (6/1/2021) digeruduk para agennya dari seluruh Indonesia, setelah ada informasi laporan polisi bahwa uang di rekening hilang. Para agen itulah yang mencari dan mengumpulkan para mitra untuk investasi budidaya Tawon Lanceng. Setiap kotak tawon atau setup, mitra investasi Rp 500 ribu. Setiap 3 bulan, diberi profit Rp 130 ribu. Satu agen, bisa mengumpulkan miliaran hingga puluhan miliar dana investasi dari para mitra. Salah satu agen dari Tulungagung, mengaku total investasi yang dikumpulkan dari para mitra sudah sekitar Rp 14 miliar, agen dari Baron, Nganjuk, mengaku sekitar Rp 4 miliar, agen dari Semarang mengaku sekitar Rp 10 miliar, dan sebagainya.

Menurut Lalu, di rekening CIMB Niaga, Kamis (4/1/2021) ada penarikan Rp 5 miliar tunai. Pada Jumat sore, ketika dicek lagi masih ada sisa dana di rekening sekitar Rp 304 juta. Tetapi setelah dicek lagi, dananya sudah tidak ada. Tetapi di beberapa rekening pendukung, yang atas nama Anton, misalnya di BCA dan BRI, belum bisa diketahui berapa isi rekeningnya. “Kita belum mengetahui di rekening bank lain, karena belum bisa mengakses,”tandas Lalu.

Lalu mengaku sejak Jumat, (5/1/21), Anton memang sudah tidak bisa dihubungi. Belum diketahui dimana keberadaannya. “ Memang kita tidak menuduh. Tetapi dia (Anton,red) memang sudah tidak bisa dihubungi.

Baca Juga:   Sambut Hari Bhayangkara Ke-76, Polres Lingga Gelar Sepeda Gembira dan Senam Aerobik

Sebagian sumber di internal koperasi NMSI, mengaku mereka sudah berusaha mencari Anton di rumahnya, kawasan Wates, Kediri. Tetapi rumahnya sudah kosong. Ada juga beberapa info bahwa Anton sudah pindah kos di beberapa lokasi, tetapi lokasi itu ketika didatangi, Anton juga tidak ada. “Kabar terakhir, dia sudah pindah ke Kalimantan,”ujar sumber itu.

Baca Juga:   Angkat dan Kibarkan Bendera Merah Putih, Polres Probolinggo Gelar Vaksin Serentak dan Pendistribusian Bansos

Ilma/mam
kontrastimes.com/kediripost.co.id/

Related Articles

- Advertisement -

Berita Terbaru

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.