Sabtu, Februari 24, 2024
Beranda Sample Page

Sample Page Title

Kontras TIMES.COM | Purwakarta– Upaya mengantisipasi kenaikan harga dan ketersediaan stok pangan menjelang ramadhan 1444 Hijriah, Sejumlah Pejabat Muspida terdiri dari Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain bersama Bupati Purwakarta,

Anne Ratna Mustika Dandim 0619/Purwakarta, Letkol Andi Achmad Afandi serta Kepala Kejaksaan Purwakarta, Rohayatie melakukan sidak pasar tradisional di Kabupaten Purwakarta, Pada Jumat, (17/03/2023)

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan, sidak ini bertujuan untuk mengontrol Inflasi di Kabupaten Purwakarta guna mengatasi perkembangan Inflasi, sehingga kondisi harga bahan pokok tetap terjaga dengan baik.

Selain itu, sambung dia, dengan adanya sidak pemantauan pasokan, kesediaan bahan pangan pokok strategis, dan harga menjelang Ramadhan dan lebaran tetap terjaga stabil.

“Hasil sidak ini kita akan tindaklanjuti dengan rapat internal termasuk dengan Pak Kapolres dan Pak Dandim seperti apa langkah selanjutnya. Kita akan terus lakukan pemantauan juga pengawasan di 6 pasar tradisional yang ada di Kabupaten Purwakarta untuk membandingkan harga-harga,” ucap wanita yang akrab disapa Ambu Anne itu, saat ditemui usai sidak di Pasar Rebo Purwakarta.

Dirinya menjelaskan, monitoring ini rutin dilakukan guna mendukung Gerakan Nasional Pengendali Inflasi Pangan dan memastikan ketersediaan bahan pokok jelang Ramadhan 1444 hijriah, demi rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

“Alhamdulilah, ketersediaan stok dan harga masih tetap stabil, dan untuk harga hanya telur, daging sapi, bawang merah dan cabe yang memang mengalami kenaikan namun tidak terlalu signifikan. Harga beras sudah mulai mengalami penurunan,” ujar Ambu Anne.

Ditempat yang sama, Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain mengatakan sidak ini dilakukan untuk mengecek secara langsung ketersediaan dan stabilitas harga barang khususnya bahan pokok menjelang ramadhan.

“Kita harus melihat langsung situasi di pasar untuk menjamin bahwa barang kebutuhan masyarakat itu semuanya tersedia di pasar dan harganya tidak terlalu tinggi jelang Ramadhan 1444 Hijriah,” ucap Edwar.

Dari hasil sidak, sambung Edwar, diketahui ketersediaan bahan pokok aman dan harga terbilang stabil atau tidak mengalami kenaikan signifikan.

Baca Juga:   Bupati Ipuk Pantau Evakuasi Korban Banjir Kalibaru dan Siapkan Dapur Umum sampai Hunian Sementara Warga

“Hasil sidak, semuanya aman dan terkendali. Ini untuk menjaga stabilitas dan kondusifitas wilayah, jangan sampai timbul keresahan di masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga:   Polres Blitar Kota Gelar Aksi Borong Telur dari Peternak Lokal Blitar

Dalam kesempatan itu pula, Edwar mengatakan, dirinya bakal menginstruksikan seluruh jajaran Polsek di Polres Purwakarta untuk melakukan hal serupa guna memastikan ketersediaan dan harga bahan pokok di seluruh pasar.

“Polsek jajaran kita arahkan untuk melakukan pemantauan pasar-pasar tradisional. Sehingga jika diketahui ada kenaikan harga, maka langsung dicari sumber masalah dan solusinya,” jelas Edwar.

Sementara, Dandim 0619/Purwakarta, Letkol Arm Andi Achmad Afandi mengatakan, jelang perayaan Natal dan Tahun Baru harga dan ketersediaan bahan pokok stabil.

Pria yang akrab disapa Andi itu pun meminta masyarakat tidak khawatir dengan ketersediaan barang maupun harga komoditi di pasaran.

“Intinya jangan panik berlebihan, karena kami bersama pemerintah daerah akan terus melakukan monitoring di lapangan untuk menjaga stabilitas harga maupun bahan pokok jelang Ramadhan,” ucap Andi.(Fuljo/Crist)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terbaru

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.