Jumat, Juni 14, 2024
Beranda Sample Page

Sample Page Title

Kontras TIMES.COM | Jakarta, – Dua pesawat EMB-314 Super Tucano milik Skuadron Udara 21 Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) jatuh saat melakukan latihan formasi di kawasan lereng Gunung Bromo, tepatnya di Desa Keduwung, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, pada Kamis siang (16/11/2023).

Menurut keterangan yang diberikan oleh Kepala Dinas Penerangan TNI AU Agung Sasongko Jati, kecelakaan terjadi diduga akibat cuaca buruk yang terjadi saat latihan dilakukan. 

Menaggapi pertanyaan awak media tentang hal tersebut, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menegaskan bahwa ke depan, TNI AU harus melakukan pemeriksaan secara teliti dari semua faktor, mulai dari sarana dan prasarana latihan, hingga keadaan cuaca, sebelum latihan dilakukan.

“Harus selalu memeriksa. Kalau ada latihan harus sudah siap. Jangan sampai kemudian pesawatnya tidak baik atau cuacanya tidak baik,” tegas Wapres dalam keterangan pers usai menghadiri Rapat Paripurna Dewan Pimpinan Majelis Ulama (MUI) Tahun 2023, di Ballroom Hotel Aryaduta, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (17/11/2023).

Mengingat peristiwa kecelakaan dalam latihan ini bukan pertama kali terjadi, Wapres pun menekankan, pemantauan kesiapan faktor penunjang sebelum latihan, sebaiknya tidak hanya dilakukan oleh internal jajaran personil TNI AU, tetapi juga bekerja sama dengan otoritas terkait lainnya.

“Juga pemantauan cuaca. Seringkali [kecelakaan terjadi] karena cuaca tidak baik. Jadi kerja sama dengan BMKG dan pihak lain-lain [penting dilakukan],” imbuh Wapres.

Dari sisi sarana dan prasarana, tambahnya, perawatan rutin dan peremajaan pun harus terus dilakukan untuk memastikan kesiapan kualitas dari alat yang akan digunakan.

“Semua peralatan harus kembali dilakukan pemeriksaan, penilaian ulang, apakah masih layak untuk dipakai, termasuk pesawat,” tutur Wapres mengingatkan.

Dengan pemeriksaan rutin, menyeluruh, dan melibatkan pihak-pihak yang ahli di bidangnya, Wapres berharap, agar ke depan kecelakaan dalam latihan tidak terjadi lagi, khususnya sampai merenggut nyawa para personilnya.

“Supaya tidak terjadi korban,” harap Wapres.

Baca Juga:   Pengamanan Hari Raya Nyepi dan Patroli Antisipasi Covid-19, Polresta Banyuwangi dan TNI AL Patroli di Selat Bali

“Itu harapan saya,” pungkasnya.

Hadir mendampingi Wapres dalam keterangan pers ini, Ketua Umum MUI Anwar Iskandar, Sekretaris Jenderal MUI Amirsyah Tambunan, serta Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi. (NN/SK-BPMI, Setwapres)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terbaru

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.