Senin, April 15, 2024
Beranda Sample Page

Sample Page Title

Kontras TIMES.COM | Halbar- Inspektorat Kabupaten Halmahera Barat menggelar sidang majelis Pertimbangan Tuntutan Perbendaharaan dan Tuntutan Ganti Rugi (TP-TGR) tahun 2023, untuk 8 Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Sidang tersebut berlangsung di ruang rapat Kantor Inspektorat setempat, Rabu, (27/9/2023). Sidang dipimpin Ketua Majelis, Sekretaris Daerah (Sekda) Syahril Abdul Rajak.

Sidang digelar berdasar rekomendasi tindak lanjut hasil temuan BPK RI. Perwakilan Provinsi Maluku Utara, Tahun 2022.

Ketua Majelis Sidang TP -TGR, Syahril Abdul Rajak mengatakan, penyampaian permasalahan dalam sidang ini, sesuai hasil Temuan BPK RI perwakilan Provinsi Maluku Utara, kepada 8 OPD.

“Delapan OPD yang direkomendasikan BPK RI perwakilan Malut adalah Bagian Umum, Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata, Dinas Kesehatan, Dinas PU, Dinas sosial, Dinas Perindag, dan Dinas Perhubungan,”ungkapnya.

Syahril menjelaskan, sidang TP-TGR ini merupakan salah satu keseriusan Pemerintah yang harus diselesaikan.”tidak bisa diutus atau wakilkan ini bukan rapat ,harus yang bersangkutan,”ucap Syahril.

Syahril mengatakan, delapan OPD yang mendapatkan rekomendasi BPK RI wajib mempertanggungjawabkan kesalahan administrasi dengan masa waktu yang ditentukan.

“Untuk masa pengembalian kerugian negara, 8 OPD bervariasi, ada yang satu bulan, tiga bulan dan juga ada yang sembilan bulan,”bebernya.

Syahril mengaku, total pengembalian uang Negara di bawah Rp 50 juta, untuk 5 OPD yang sudah mengikuti sidang. Sedangkan 3 OPD yang tidak hadir bakal digelar pekan depan.

“Lima OPD yaitu Bagian Umum,Dinas Pariwisata,Dinas sosial,Dinas Perindag,Dan Dinas Perhubungan di Bawah 50 Juta.Untuk Tiga OPD nilainya agak besar jadi dijadwalkan Minggu depan,”akunya.

Sementara Kepala Inspektorat Halmahera Barat, Martinus Djawa, 3 OPD yang bakal disidang pekan depan, di antaranya, Dinas PUPR, Kesehatan, dan Pendidikan.

“Lima OPD yang sudah disidangkan temuannya itu kecil semua, ada 100 hingga 200 ribu, tapi itu kan masuk pada temuan BPK jadi harus melaksanakan sidang TP-TGR, dan mereka sudah siap mengembalikan,”tutur Martinus.

Martinus juga mengungkapkan, bahwa 3 OPD yang bakal disidang pekan depan memiliki nilai temuan yang lebih besar.

Baca Juga:   Polres Lingga Laksanakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2022

“Biasa langganan itu PUPR, dan Kesehatan. Tetapi Kesehatan itu tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, dia sudah menurun, dan Kesehatan biasanya ada Puskesmas jadi tidak masalah,”pungkasnya.

Baca Juga:   Pastikan Stok Minyak Goreng Aman, Dandim 0808/Blitar Bersama Dinas Terkait Lainnya Gelar Sidak

Raja Man Kaswalat

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terbaru

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.