Selasa, Agustus 16, 2022

Jaga Kesehatan Dengan Herbal di Sekitar Kita

KONTRASTIMES.COM- BANYUWANGI, Kesehatan adalah salah satu hal yang paling berharga, untuk itulah kita patut bersyukur kala kita masih di beri kesehatan.

Selain bersyukur kita juga mesti berusaha agar kesehatan kita selalu terjaga, untuk itulah sejak jaman nenek moyang orang Indonesia sudah mengenal beberapa tanaman yang dapat di gunakan untuk menjaga kesehatan, serta mencegah dan mengobati beberapa penyakit.

Enam dari ribuan herbal yang mudah kita jumpai dan dapat di gunakan sebagai obat herbal antara lain:

  1. Jahe

Jahe sangat membantu melawan hawa dingin dengan meningkatkan produksi sel-T.
Cara menggunakan: Siapkan teh jahe dengan air dan tambahkan madu kedalamnya, minum dua kali sehari. Bisa juga di campurkan pada makanan sehari hari.

  1. Bawang Merah.

Bawang merah di kenal mempunyai kandungan beberapa senyawa yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh antara lain vitamin C, selenium, dan seng.
Bawang merah juga mengandung flavonoid yang di sebut quercetin yang merupakan anti oksidan yang sangat kuat.
Quercetin di kenal karena sifat antivirus dan anti-inflamasinya yang membantu meningkatkan respon sistem kekebalan terhadap patogen.
Cara menggunakannya: Rendam beberapa irisan bawang merah dalam air selama 7-8 jam. Minum air rendan bawang merah ini 3-4 sendok makan tiap hari. Selain itu juga bisa di campurkan dalam masakan.

  1. Bawang Putih.

Bawang putih ini sangat penting untuk menjaga homeostatis dari sistem kekebalan tubuh. Bawang putih dapat merangsang produksi darah putih yang berfungsi sebagai pembunuh alami patogen.
Senyawa imunoregulatif yang terdapat dalam bawang putih dapat meningkatkan kekebalan tubuh.
Caranya: Ambil 2-3 siung bawang putih rendam dalam segelas air hangat, minum setiap hari dalam kondisi perut kosong. Atau bisa juga dengan langsung di makan.

  1. Cengkih.

Cengkih di kenal dapat meningkatkan respon imun humoral yang membantu mengikat virus dan bakteri serta menetralkanya. Kandungan anti-inflamasi pada cengkih juga dapat membantu mengurangi peradangan pada paru paru dan mengeluarkan lendir.
Caranya : Rebus 4-5 biji cengkih, minum air rebusan selagi hangat. Bisa juga di tambahkan pada masakan.

  1. Kunyit.
Baca Juga:   Dandim Lamongan Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi di Madrasah Murni
Baca Juga:   Satgas Pamtas Yonif Kala Cakti Berikan Pengobatan Keliling Kampung Masyarakat Perbatasan Papua

Herbal yang satu ini telah di kenal dengan anti-inflamasi, anti-mikroba, dan imunomodulator. Menambahkan kunyit pada makanan sehari hari dapat membantu melawan flu musiman, serta membantu menyembuhkan gejala pilek dan batuk.
Menurut hasil penelitian, kunyit juga dapat membantu mengurangi peradangan paru paru dan meningkatkan kekebalan tubuh.
Caranya: Seduh kunyit dengan teh, campurkan juga jahe dan lemon. Minum dua kali sehari.

Demikian beberapa herbal yang dapat di gunakan dalam upaya menjaga kesehatan, usahakan sedapat mungkin menghindari obat obatan kimia, pakailah ramuan alami yang ke ampuhanya sudah terbukti sejak jaman nenek moyang kita. (Bejo).

Dilangsir dari GenPi.co

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terbaru

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.