Selasa, April 23, 2024
Beranda Sample Page

Sample Page Title

KONTRASTIMES.COM-BONDOWOSO,Sebanyak 3 instansi telah melakukan penandatanganan kesepakatan kerja bersama Pemerintah Kabupaten Bondowoso, Rabu (24/2/21).

Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya, ketiganya adalah PT. Nusantara Segar Abadi, PT. Bintang Todjoe, dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang sebelumnya sudah saling sepakat dengan Bupati untuk melakukan kerjasama.

Salah satu yang cukup menarik adalah tentang pengembangan komoditas pisang cavendish berorientasi ekspor, yang mana dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Bondowoso akan digandeng oleh PT. Nusantara Segar Abadi.

Sebagaimana yang dijelaskan oleh Direktur, Wali Sudiono dalam sambutannya, menyebutkan bahwa pengembangan komoditas pisang cavendish sendiri sudah dilakukan di beberapa wilayah lain seperti kabupaten seperti kabupaten Blitar dan Jembrana, yang dikatakan kualitasnya dapat melebihi yang ada di wilayah aslinya yaitu Palembang.

Di samping itu, juga dijelaskan bahwa yang dihadapi para petani Indonesia sebenarnya adalah bukan soal tanam menanam, melainkan terkait bagaimana petani bisa menguasai pasar.

Sehingga mincullah inisiatif bahwa bagaimana dengan kerjasama ini yang juga digandeng dengan Kemenko Perekonomian ini mampu memberikan jaminan kepada para petani untuk memasarkan komoditas yang dihasilkan dalam orientasi eksport.

“Sebenarnya untuk tanam menanam dari zaman Majapahit petani kita sudah pinter, tapi masalahnya yang dihadapi adalah tentang bagaimana mereka bisa menguasai pasar,” ungkapnya.
Namun lebih lanjut, dikatakan bahwa sebelumnya harus ada sebanyak minimal 300 hektar lahan yang kemudian akan harus secara berkelanjutan bisa dieksport selama 9 bulan kedepan ketika panen, dan kesepakatannya tidak bisa ditarik lagi.

Dengan demikian, diharapkan supaya nantinya para petani bisa dikondisikan dan difasilitasi, sehingga mampu memenuhi stok minimal yang sudah ditentukan.
Sebagai informasi, bahwa dalam kesepakatan yang melibatkan PT. Nusantara Segar Abadi ini, disebut bahwa nantinya bibit-bibit akan disediakan oleh pihak perusahaan.

Pendik Kawentar

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terbaru

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.