Kamis, Mei 30, 2024
Beranda Sample Page

Sample Page Title

KontrasTIMES.COM.HALBAR-Tahapan Pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Halmahera Barat berjalan lancar. Kini, Pemerintah Daerah setempat bakal melaksanakan tahapan yang terakhir, yakni Pelantikan Kepala Desa terpilih hasil pemungutan suara pada 22 Agustus lalu.

Pelantikan Kepala Desa Terpilih itu direncanakan oleh Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat, pada 27 September mendatang.

Bupati Halmahera Barat, James Uang, memastikan hasil Pilkades kemarin tidak bermasalah. Namun beberapa Desa sempat berpolemik usai pemungutan suara. Meski begitu, James menyatakan polemik tersebut pun sudah diselesaikan.

“Untuk jadwal pelantikan itu sudah bersifat final dan tidak lagi ada perubahan,” kata James begitu dikonfirmasi, (16/9/2022).

Mantan anggota DPRD Halmahera Barat empat periode ini mengungkapkan, dari 72 desa yang melaksanakan Pilkades, terdapat 7 desa telah mengajukan gugatan.

7 Desa dari 6 Kecamatan yang mengajukan gugatan diantaranya, dari Kecamatan Loloda, Desa Linggua, Kecamatan Jailolo, Desa Ulo dan Tauro, kemudian untuk Kecamatan Jailolo Selatan, Desa Sukadamai serta Desa Akeboso, Kecamatan Ibu, Desa Gulagokusuma, Sahu Timur, dan Desa Tuguaer di Kecamatan Ibu Selatan.

“Pada prinsipnya, kami juga tidak bisa untuk melarang itu, karena itu merupakan hak mereka, akan tetapi jika gugatan itu sampai ke PTUN, Pemerintah Daerah dengan senang siap menghadapi itu,” tegasnya.

Diketahui, 72 desa di Halmahera Barat yang melaksanakan Pilkades serentak tahun 2022 sebagai berikut:

  1. Kecamatan Jailolo:
    Desa Gufasa, Bubanehena, Taboso, Payo, Tauro, Tuada, Soakonora, Galala, Tedeng, Akediri, Bukumatiti, Todowongi, Matui, Idamdehe, Idamdehe Gamsungi, Lolori, Pateng, Bobo Jiko, Ulo, Bukumaadu, Kuripasai, dan Marimbati.
  2. Kecamatan Jailolo Selatan:
    Desa Tataleka, Domato, Moiso, Sidangoli Dehe, Ratem, Hijrah, Sukadamai, Bobane Dano, Akejailolo, Baraha, dan Desa Toniku.
  3. Kecamatan Sahu:
    Desa Sasur, Sasur Pantai, Balisoan Utara, dan Desa Dere.
  4. Kecamatan Sahu Timur:
    Desa Golago Kusuma, Sidodadi, Air Panas, dan Desa Goal.
  5. Kecamatan Loloda:
    Desa Bantoli, Linggua, Tomodo, Totala Jaya, Bosala, dan Desa Kedi serta Kecamatan Loloda Tengah, ada Desa Aruku.
  6. Kecamatan Ibu:
    Desa Naga, Kampung Baru, Soana Masungi, Akeboso, Tongute Ternate Asal, Maritango, Gam Ici, Togola Wayoli, Togola Sanger, Tahafo, Akesibu, dan Desa Tongute Goin.
  7. Kecamatan Ibu Selatan:
    Desa Tugu Aer, Gamsida, Ngalo-Ngalo, Sarau, dan Desa Gamsungi.
  8. Kecamatan Tabaru: Gamsungi, Duono, Tuguis, Togoreba Sungi, Toku Oko, Soa Sangaji, dan Desa Aru Jaya.
Baca Juga:   Dandim Mimika Pimpin Upacara Penghormatan Lepas Jenazah Almarhum Kapten Inf Dulmurip
Baca Juga:   Siap Awasi Pelaksanaan Proyek Strategis 2023 Pemkot Blitar, Polres Blitar Kota Bersama Kejaksaan Negeri Blitar Tanda Tangani MOU dan PKS

Raja Man Kaswalat

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terbaru

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.