Minggu, Januari 23, 2022

Kadis PU-PR Halbar: Targetnya 2023 Itu Sudah Selesai

KONTRASTOMES.COM-HALBAR | Kepala Dinas PU-PR Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, Abubakar A Rajak menargetkan pembukaan badan jalan dan pembagunan dua jembatan Desa Matui Kecamatan Jailolo ke Tataleka, Jailolo Selatan bakal tuntas di 2023 mendatang.

Hal itu disampaikan kepada Wartawan saat ditemui, Kamis (25/11/2021). “Targetnya 2023 itu sudah selesai,”cetusnya.

Sementara ini, kata Aka sapaan akrab Abubakar A Rajak, pihaknya masih membuat perencanaan persiapan pembangunan.

Mantan Kadis PUPR Pulau Morotai, Halmahera Timur dan Halmahera Tengah itu menyampaikan, dua jembatan beton yang bakal dibangun di Desa Tauro itu yang satunya 100 meter dan satunya lagi 20 meter.

“Dan ini adalah akses alternatif dari Jailolo ke Sidangoli, sehingga tidak lagi melewati Gunung Manyasal. Jadi ruas Matui, Tataleka, lewat Tauro itu menjadi ruas alternatif, karena ruas itu tingkat keamanan pengguna jalan itu lebih tinggi dari pada Sidangoli-Jailolo. Karena Jailolo-Sidangoli dari sisi kenyamanan tidak ada,” ucap Aka.

Jembatan sepanjang 100 meter yang rencananya dibangun itu, lanjut dia, merupakan jembatan dengan tipe B yang lebarnya 7 meter, sebab tipe A lebarnya sekira 9 meter, dan anggaran yang digunakan kurang lebih Rp 30 miliar.

Sedangkan untuk yang 20 meter memakan anggaran sebnyak Rp 6 hingga Rp 7 miliar, menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Untuk 2023 kita bisa masuk dengan DAK Transportasi Desa (Trandes) dan reguler, tetapi harus didukung dengan perencanaan yang matang. Di pusat itu hanya meminta perencanaan, karena data pendukung yang paling utama itu perencanaan. Karena DAK 2023 maka perencanaan harus dianggarkan di 2022,”pungkasnya.

Raja Man Kaswalat

Related Articles

- Advertisement -

Berita Terbaru

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.