Sabtu, Februari 4, 2023

Keberadaan ijen Geopark, bisa Jadikan 5 Kabupaten lain Tempat Kunjungan Wisatawan

KONTRASTIMES.COM-BONDOWOSO,Beberapa kali pembahasan Ijen Geopark yang dikemas dengan adanya Forum group Discussion (FGD), melibatkan Kabupaten selain Bondowoso dan Banyuwangi. Kabupaten lain yang dimaksud adalah Kabupaten Jember, Situbondo, dan Probolinggo.

Pasalnya, dalam kaitanya dengan Ijen Geopark, selain perannya dalam mendukung program ini cukup vital, keberadaan Ijen geopark sendiri juga akan memberikan dampa pengembangan termasuk ekonomi kepada ketiga Kabupaten ini.

Pernyataan ini adalah sebagaimana yang diungkapkan oleh Plt. Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Bondowoso, Retno Wulandari, seusai dihelatnya forum diskusi yang melibatkan beberapa kabupaten di Tapal Kuda.

Dalam kesempatan itu, Retno menyebut bahwa keberadaan Ijen Geopark juga akan memberikan dampak yang positif. Tidak hanya bagi Banyuwangi dan Bondowoso, terlebih juga bagi Kabupaten lainya. Dia pun menjelaskan bahwa dengan konsep yang didiskusikan, akan berkaitan dengan pengembangan ekonomi bagi setiap Kabupaten di Tapal Kuda.

“Semisal, ada wisatawan ke Bondowoso, trus makannya ke Banyuwangi, dan setelah itu ke Situbondo,” tuturnya.

Di samping itu, selain terkait wisatawan kawasan ini juga sangat memungkinkan untuk dijadikan sebagai tujuan bagi para mahasiswa yang hendak melakukan penelitian, yang dikatakan bisa bermalam sekitar 2 hingga 3 bulan di kawasan ijen Geopark. Kemungkinan ini disampaikan oleh Kabid Pariwisata Disparpora Kabupaten Bondowoso, Arif S. Raharjo, lebih lanjut terkait tentang penelitian tentunya juga ada hubungannya dengan ekonomi, khususnya terkait tentang living cost bagi para mahasiswa yang melakukan penelitian.

“Ini kan juga memungkinkan untuk dijadikan tujuan bagi mahasiswa yang akan melakukan penelitian, tentunya setidaknya kan 2-3 bulan menghabiskan waktu, selain itu kan juga tentang spending money juga,” ungkap Arif.

Pendik Kawentar

Related Articles

- Advertisement -

Berita Terbaru

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.