Kamis, Mei 30, 2024
Beranda Sample Page

Sample Page Title

Kontras TIMES.COM | Jakarta, – Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Malang, Jawa Timur (Jatim), Jumat (19/01/2024).

Menggunakan Pesawat Khusus Kepresidenan Boeing 737-400 TNI AU, Wapres beserta Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin dan rombongan lepas landas dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma menuju Pangkalan Udara TNI AU Abdulrachman Saleh, Malang, pada pukul 09.15 WIB.

Setelah menempuh penerbangan selama 1 jam dan 30 menit, Wapres tiba di Malang pada pukul 10.45 dan disambut oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak beserta Ibu Arumi Bachsin Emil Dardak, dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Jawa Timur.

Selanjutnya, Wapres beserta rombongan melanjutkan perjalanan untuk melakukan Salat Jumat di Masjid Ainul Yaqin di Kawasan Universitas Islam Malang (Unisma), Jl. Mayjen Haryono No. 193, Dinoyo, Kec. Lowokwaru, Malang. Di lokasi tersebut, Wapres akan disambut oleh Pj. Walikota Malang Wahyu Hidayat, Sekretaris Dewan Pembina Yayasan Unisma Mochtar Data dan Rektor Unisma Maskuri.

Selain ke Masjid Ainul Yaqin, di Unisma Wapres juga akan memberikan kuliah umum dengan tema “Quo Vadis Moderasi Beragama dalam Bingkai Merawat Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Peradaban Dunia” di Auditorium Prof. K.H. Moh. Tholhah Hasan, Gedung Bundar Al-Asy’ari.

Adapun tema yang diangkat dalam kuliah umum ini menggambarkan semangat untuk penguatan moderasi beragama di lingkungan perguruan tinggi, salah satunya di Unisma. Serta, untuk semakin meningkatkan pemahaman tentang Islam moderat dan bela negara kepada seluruh civitas akademika Unisma.

Selepas acara, Wapres direncanakan mengunjungi Universitas Brawijaya (UB) di Jl. Veteran No. 10-11, Ketawanggede, Kecamatan Lowokwaru, Malang, untuk menghadiri Brawijaya Halal Summit, serta Peluncuran UB Halal Center dan UB Halal Metric. Sebagai salah satu dari rangkaian acara UB Halal Center, Wapres juga akan menyerahkan UB Halal Awards 2024 kepada beberapa penerima di antaranya pada kategori pelaku industri, pemerintah daerah, dan akademisi.

Baca Juga:   Selesai Tunaikan Ibadah Haji, Wapres dan Ibu Hj. Wury Kembali Tiba di Tanah Air

Sementara pada hari ke-2 kunjungan kerja di Malang, Sabtu (20/01/2024), Wapres diagendakan menghadiri prosesi akad nikah dari puteri Staf Khusus Wapres Bidang Politik dan Hubungan Antarlembaga Robikin Emhas di Harris Hotel & Convention Malang, Jl. A. Yani Utara, Riverside Block C, No. 1, Pulowijen, Blimbing, Malang.

Baca Juga:   Peringati Hari Santri di Pesantren MBS Prambanan, Wapres Serukan Santri Wujudkan Indonesia Emas 2045

Wapres dijadwalkan kembali ke Jakarta pada hari yang sama sekitar pukul 10.30 WIB.

Sebagai Informasi, sebagaimana dikutip dari situs resmi UB, Brawijaya Halal Summit bertujuan untuk memberikan kesempatan berdiskusi antarpemangku kepentingan untuk mengatasi tantangan global saat ini dan masa depan untuk mewujudkan Ekosistem Halal. Adapun beberapa panelis yang telah diagendakan hadir di antaranya Rektor UB Widodo, perwakilan dari Halal Industry Research Center International Islamic University Malaysia Irwandi Jaswir, perwakilan Halal Science Center UB yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Penyelenggaran Jaminan Produk Halal Kementerian Agama Sukoso, dan perwakilan Halal Science Center Chulalongkorn University Thailand Winai Dahlan.

Sementara, instrumen UB Halal Metric yang nantinya diluncurkan oleh Wapres, merupakan sebuah instrumen yang digunakan untuk mengukur implementasi konsep ekosistem halal secara komprehensif baik disektor perguruan tinggi, industri, maupun pemerintahan.

Hadir mendampingi Wapres dalam kunjungan ini, Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono W.S., Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi, M. Nasir, Masykuri Abdillah, M. Imam Azis, Zumrotul Mukaffa dan Arif Rahmansyah Marbun, serta Tim Ahli Wapres Nurdin Tampubolon, Johan Tedja dan Farhat Brachma. (NN/SK- BPMI, Setwapres/***)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terbaru

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.