Selasa, Juni 25, 2024
Beranda Sample Page

Sample Page Title

Kontras TIMES.COM | Mimika,– Mengawali rangkaian kunjungan kerjanya di Tanah Papua, Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin pagi ini menyerahkan bantuan sosial dari BPJS Ketenagakerjaan bagi para pekerja rentan dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro bagi Orang Asli Papua (OAP) di Mimika.

Selain itu, Wapres juga berkesempatan meninjau ruang kelas dan berinteraksi dengan pelajar OAP di Institut Pertambangan Nemangkawi, Jl. Frans Kaisepo 1 Mimika, Papua Tengah, Rabu (12/07/2023).

Sekitar pukul 10.20 WIT, Wapres yang didampingi Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin beserta rombongan tiba di Institut Pertambangan Nemangkawi dan langsung mendengarkan pemaparan tentang kegiatan sosial oleh Presiden Direktur PT. Freeport Indonesia Tony Wenas.

Tony memaparkan kegiatan sosial yang dilakukan oleh PT. Freeport Indonesia, di antaranya program beasiswa dan asrama bagi para siswa serta dukungan sarana kesehatan berupa fasilitas pelayanan kesehatan yang dapat dimanfaatkan masyarakat secara gratis.

Lebih jauh, Tony menyebutkan Institut Pertambangan Nemangkawi berfokus menyiapkan tenaga terampil dari sumber daya manusia orang asli Papua.

“Institut Pertambangan Nemangkawi semacam Balai Latihan Kerja (BLK) untuk mempersiapkan anak-anak Papua agar mereka siap menjadi tenaga terampil,” jelas Tony.

Selanjutnya, Wapres meninjau ruang kelas dan berinteraksi dengan para pelajar OAP. Sebagai informasi, Institut Pertambangan Nemangkawi merupakan lembaga pendidikan milik PT. Freeport Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 2003.

Sebagai informasi, Institut Pertambangan Nemangkawi (IPN) merupakan lembaga pendidikan vokasi dan untuk kebutuhan industri dengan 15 jurusan teknik dan 3 jurusan non-teknik.

Hingga saat ini IPN telah meluluskan lebih dari 4.000 siswa dan 3.000 orang di antaranya telah bergabung dengan PT. Freeport Indonesia. Wapres berharap program hasil kerja sama antara Institut Pertambangan Nemangkawi dengan PT. Freeport Indonesia dalam perekrutan pegawai dapat terus berkelanjutan.

“Saya harapkan program ini berkelanjutan, sehingga terus menciptakan generasi asli Papua yang unggul dan memiliki daya saing, serta siap turun di dunia kerja,” harap Wapres pada kesempatan yang sama.

Baca Juga:   Anggota Polsek Udanawu Patroli di Kantor Kecamatan Untuk Pengecekan Logistik Pilkades Serentak Kabupaten Blitar

Di akhir kunjungannya, Wapres menyerahkan bantuan secara simbolis kepada 4 perwakilan Orang Asli Papua (OAP), yaitu bantuan Kartu Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi para pekerja rentan yang diberikan kepada Sdr. Pirius Kogoya dan Sdri. Yohanna M. Soway. Sedangkan, bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro Bank Papua diberikan kepada Sdr. Ham Bagubau dan penerima bantuan CSR Bank Papua Sdr. Emiton Antonius Tsenawatme. (DAS/RJP – BPMI-R-2 /Setwapres)

Baca Juga:   Prajurit Taifib Marinir Bersama Kopaska Berhasil Bebaskan Sandera di Situbondo

========

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terbaru

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.