Sabtu, Februari 4, 2023

Mukernas Kedua MUI 2022, MUI Soroti Persatuan Umat Hadapi Tahun Politik

Kontras TIMES.COM | Jakarta – Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) kedua Majelis Ulama Indonesia (MUI) 2022 akan menyoroti persatuan umat dalam menghadapi tahun politik 2024.

Hal ini disampaikan oleh Ketua SC Mukernas kedua MUI Prof Utang Ranuwijaya. 

“Jadi kami memberikan rekomendasi baik untuk dalam negeri maupun luar negeri. Tahun ini yang harus diperhatikan oleh peserta karena ini menghadapi tahun 2023 menjelang tahun politik 2024,” kata Prof Utang, Kamis (8/12/2022)

Prof Utang mengatakan dalam Mukemas ini akan menghimpun banyak pemikiran dan masukan-masukan dari para

peserta yang kemudian melahirkan rekomendasi. Oleh karena itu, kata Prof Utang, rumusan kerja MUI 2023

diharapkan ikut mendukung terciptanya masyarakat yang bersatu, ukhuwah islamiyah dan persatuan yang kokoh serta dapat mengendalikan situasi jelang tahun politik.

“Jadi harus mendapatkan program kerja yang bisa turut membangun situasi 2023 menjelang 2024. Artinya tahun politik bisa membangun visi yang betul-betul cocok dengan kondisi yang sekarang,” kata dia.

Sejumlah tokoh nasional termasuk Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin diagendakan hadir pada Mukernas yang dilaksanakan pada 8-10 Desembar 2022 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta.

Di antara tokoh yang bakal hadir menjadi peserta Mukernas adalah para pengurus MUI Pusat temasuk pengurus badan dan Lembaga. Ketua dan sekretaris MUI provinsi se-Indonesia serta 50 ketua armas tingkat pusat juga akan menjadi bagian acara level nasional tersebut.

Wakil Ketua Umum MUI Pusat KH Marsudi Syuhud mengatakan bahwa dalam Mukernas akan dibahas berbagai permasalahan bangsa di antaranya memberi solusi dari bibit perpecahan masyarakat yang diakibatkan berbagai dinamika seperti dalam hal politik. Menurutnya, tantangan bangsa Indonesia ke depan akan semakin panas dan keras seiring dengan semakin dekatnya pesta demokrasi.

Kiai Marsudi menegaskan bahwa bernegara dan berbangsa itu artinya membangun. “Berbangsa dan bernegara itu membangun bukan meruntuhkan,” katanya.

Baca Juga:   Antisipasi Dan Cegah Kriminalitas, Polsek Wonodadi Intensifkan Patroli Toko Emas Serta Perbankan

MUI, lanjut Kiai Marsudi, selain menjaga ukhuwah, intinya bagaimana membangun masyarakat ini bersama-sama *2024 ritual biasa saja,” ujarnya.

Ketua Panitia Pelaksana (OC) Mukernas ke-2 Mejelis Ulama Indonesia (MUI) 2022, Asrori 5. Karni menyatakan bahwa panitia telah siap menggelar Mukernas ke-2 MUL “Dari sisi operasional InsyaAllah sudah siap. Panitia telah siap menyelenggarakan ke-2 MUI 2022 kata Asrori. Mukernas kedua MUI ini akan digelar di Hotel Grand Sahid, Sudirman, Jakarta Pusat, pada tanggal 8-10 Desember 2022.

Baca Juga:   Waspada Penyakit Demam Berdarah, Babinsa Koramil Tipe B 0808/20 Sananwetan Laksanakan Fogging

Asrori mengungkapkan, pihaknya juga telah mendapatkan konfirmasi bahwa Wakil Presiden RI Prof Dr KH Maruf Amin akan membuka secara langsung Mukernas ini. “Selain membuka Mukernas sebagai wakil presiden. Beliau juga akan memimpin rapat paripurna MUI dalam kapasitasnya sebagai Ketua Dewan Pertimbangan MUI,” sambungnya.

Panitia Bidang Media, IT dan Publikasi Mukernas II MUI 2022

Related Articles

- Advertisement -

Berita Terbaru

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.