Sabtu, Februari 4, 2023

Nelayan Pantai Belibis Keluhkan Hasil Tangkapan Ikan

KONTRASTIMES.COM-BANYUWANGI,Blimbangsari, sejumlah nelayan tradisional di Pantai belibis indah kec.Blimbangsari kab.Banyuwamgi, (9/2/2021) Mengeluhkan turunnya hasil tangkapan ikan. Hal tersebut karena pengaruh musim hujan, sehingga tidak sedikit nelayan yang enggan melaut. Karena penghasilan berkurang, akibatnya mereka sulit untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Bagi nelayan, kegiatan mencari ikan di laut sangat tergantung pada cuaca. Jika cuaca mendukung, hampir setiap hari para nelayan ini berangkat melaut. Tapi jika cuaca buruk seperti musim angin barat sebagian dari mereka tidak berani melaut. Salah satunya seperti yang dirasakan oleh P.Subari (50), Kelompok Nelayan Tengiri (KNT) Pantai Belibis Indah Desa Patoman kec. Blimbingsari.

Saat cuaca buruk, Subari sendiri lebih memilih untuk memperbaiki perahu miliknya, tidak hanya subari, di PA blimbingsari dan pecemengan yang tidak jauh dari jalur Pantai belibis Kabupaten banyuwangi ini, ratusan perahu nelayan bersandar dipinggir laut mengikuti cuaca hujan serta angin yang datang silih berganti. Saat cuaca seperti ini nelayan banyak yang memilih untuk diam dirumah.

Menurut P.subari sebagai nelayan tua mengatakan “Bulan empat mendatang cuaca diperkirakan akan kembali normal. Namun berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, perkiraan musim barat bisa saja molor karena kondisi cuaca sudah tidak menentu. Dia mengaku sekarang ini sulit membaca cuaca. Perahu yang terparkir karena cuaca buruk di kawasan pantai tersebut meskipun kondisi cuaca saat itu buruk, sebagian nelayan masih berani melaut. Itupun terpaksa karena untuk menghidupi keluarga. Hanya saja jangkauan melaut tidak jauh. Waktu mencari ikan diperpendek biasanyan berangkat sore pagi pulang menjadi berangkat jam 08:00 Pagi pulang pukul 03-sore tuturnya.

Kondisi ini berdampak kepada hasil tangkapan ikan teripang dan nus. Saat cuaca normal, pendapatan uang, rata-rata perahu nelayan dengan dua ratus ribu (300) sampai lebih Sekarang ini turun signifikan,pendapatan kami paling banyak 70 ribu mas imbuhnya”.

[Y.IKHSAN]

Related Articles

- Advertisement -

Berita Terbaru

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.