Senin, Juli 15, 2024
Beranda Sample Page

Sample Page Title

Kontras TIMES.COM | Jayapura, – Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin kembali berkunjung ke Tanah Papua. Rangkaian kegiatan ditujukan di Provinsi Papua, Provinsi Papua Pegunungan, dan Provinsi Papua Selatan dari 9 hingga 13 Oktober 2023.

Namun, berbeda dengan kunjungan kerja ke Papua sebelumnya yang dilaksanakan pada akhir 2022 dan Juli 2023, kunjungan ke negeri mutiara hitam dari timur Indonesia kali ini menggunakan konsep berkantor di Jayapura.

Ketika ditanyai awak media mengenai konsep berkantor tersebut, ia mengungkapkan, cara ini pada dasarnya juga ditujukan untuk menampung aspirasi masyarakat Papua. Menurut Wapres, aspirasi ini penting sebagai bahan masukan sekaligus bahan evaluasi bagi pemerintah untuk melakukan berbagai penyesuaian langkah-langkah yang diperlukan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua.

“Dan, ini tentu akan terus kita lakukan dalam rangka melakukan evaluasi-evaluasi ya,” ucapnya dalam keterangan pers usai berdialog dengan para tokoh olahraga Papua, di Stadion Utama Papua Bangkit, Nolokla, Kecamatan Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Rabu (11/10/2023).

Lebih jauh, Wapres mengemukakan, peningkatan kesejahteraan di Papua diupayakan dari berbagai aspek, seperti pendidikan, kesehatan, dan ekonomi. Di samping itu, tambahnya, pemerintah juga tetap mengedepankan pendekatan keamanan, guna memberikan perlindungan kepada seluruh masyarakat Papua dari segala macam gangguan keamanan.

“Dan [perlindungan keamanan] itu, kita harus bisa memberikan jaminan itu,” tegas Wapres.

Ia menekankan, pendekatan keamanan dimaksudkan semata-mata untuk menjaga stabilitas keamanan, sehingga implementasi program-program peningkatan kesejahteraan rakyat bisa berjalan secara lancar.

“Bukan untuk memerangi siapa-siapa, tapi untuk menjaga, memelihara, dan untuk juga mengawal supaya program kesejahteraan untuk berjalan dengan baik,” imbuh Wapres.

Untuk itu, lanjutnya, daerah-daerah otonomi baru di Papua perlu dilengkapi dengan alat-alat negara untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat seperti kepolisian daerah.

“Jadi, keamanan itu arahnya ke sana,” ujarnya.

Hadir mendampingi Wapres dalam keterangan pers ini, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo, Pj. Gubernur Papua M. Ridwan Rumasukun, dan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua Kenius Kogoya. (RR, BPMI – Setwapres/***)

Baca Juga:   Perluas Manfaat untuk Masyarakat, Wapres Minta Peran Aktif Pemerintah Daerah Daftarkan Penduduk Rentan di Program JKN

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terbaru

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.