Minggu, November 28, 2021

Presiden Jokowi Lantik 12 Dubes LBBP RI untuk Negara Sahabat

KONTRAS TIMES.COM- JAKARTA | Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik 12 Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (Dubes LBBP) Republik Indonesia untuk negara sahabat, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/11/2021) siang.

Pelantikan 12 Duta Besar LBBP RI ini berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 139/P Tahun 2021  tentang Pengangkatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia.

Keppres yang dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara, Nanik Purwanti itu ditetapkan tanggal 16 November 2021 Usai pembacaan Keppres, Kepala Negara kemudian mengambil sumpah para Dubes LBBP yang dilantik.

“Saya bersumpah/berjanji bahwa saya untuk diangkat menjadi Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara.

Baca Juga:   Pastor Lee Membuat Kotak di Dinding Untuk Selamatkan 1600 Bayi
Baca Juga:   RI-Rumania Tingkatkan Kerja Sama di Bidang Industri Pertahanan

Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab.

Bahwa saya akan melaksanakan dengan setia segala perintah dan petunjuk-petunjuk yang diberikan oleh pemerintah pusat dan saya akan memenuhi dengan setia segala kewajiban yang ditanggungkan kepada saya sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh,” ucap Presiden Joko Widodo saat mendiktekan penggalan sumpah jabatan Dubes LBBP.

Adapun nama-nama Dubes LBBP RI yang akan dilantik, yaitu:

  1. M. Prakosa, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Italia merangkap Republik Malta, San Marino, Siprus, FAO, IFAD, WFP, UNINDROIT, berkedudukan di Roma;
  2. Ghafur Akbar Dharmaputra, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Ukraina merangkap Armania dan Georgia, berkedudukan di Kiev;
  3. Suwartini Wirta, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Kroasia berkedudukan di Zagreb;
  4. Rudy Alfonso, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Portugal berkedudukan di Lisabon;
  5. Anita L. Luhulima, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Polandia berkedudukan di Warsawa;
  6. Zuhairi Misrawi, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Tunisia berkedudukan di Tunis;
  7. Ina Krisnamurti, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk India merangkap Bhutan, berkedudukan di New Delhi;
  8. Heru Subolo, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Bangladesh merangkap Nepal, berkedudukan di Dhaka;
  9. Daniel Tumpal Simanjuntak, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Kanada merangkap ICAO, berkedudukan di Ottawa;
  10. Damos Agusman, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Austria, merangkap Slovenia, dan organisasi PBB (UNODC, UNCITRAL, UNOSA, UNIDO, IAEA, CBTO, OPEC Fund, dan IACA), berkedudukan di Wina;
  11. Gandi Sulistiyanto Suherman, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Korea Selatan berkedudukan di Seoul; dan
  12. Triyogo Jatmiko, Duta Besar LBBP RI untuk Tanzania, merangkap Burundi dan Rwanda, berkedudukan di Dar es Salaam.
Baca Juga:   Peran Penting Afrika Selatan Sebagai Pemasok Senjata ke-Arab Saudi Dalam Intervensi Perang Saudara di Yaman
Baca Juga:   Wapres Paparkan Potensi Besar Indonesia Jadi Pemain Utama Keuangan Syariah

Hadir dalam pelantikan antara lain Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin didampingi Ibu Wury Ma’ruf Amin, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Ketua DPR RI Puan Maharani, Seskab Pramono Anung, dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD. (*)

LK

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Berita Terbaru

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.