Senin, November 29, 2021

Rakernis Dan Seminar Nasional Perikanan Budidaya Dibuka Wagub Malut

KONTRASTIMES.COM-HALBAR | Wakil Gubernur Maluku Utara, M Alyasin Ali secara resmi membuka Rapat Kerja Teknis (Rakernis) perikanan budidaya.

Giat tersebut berlangsung di aula bidadari kantor Bupati Halmahera Barat (Halbar), Rabu (24/11/2021), dihadiri Kepala Daerah Se-Provinsi Maluku Utara.

Gubernur Malut M. Alyasin Ali dalam sambutannya menyatakan, sektor perikanan merupakan salah satu sektor unggulan yang sangat diandalkan di Maluku Utara.

Dan Perikanan menjadi Primadona salah satu pilar pembangunan Daerah jangka panjang, untuk sektor perikanan terdapat beberapa jenis perikanan yaitu perikan tangkap, dan perikanan budidaya.

“Perikanan budidaya di Maluku Utara memiliki beberapa komoditi unggulan yang saat ini masih terus kita kembangkan karena selain mampu menggerakkan sektor ekonomi, sektor ini juga dapat memberikan kontribusi yang besar dalam pembangunan ekonomi Daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,”kata Mantan Bupati Halmahera Tengah itu.

Baca Juga:   Presiden Jokowi Ajukan Jenderal Andika Perkasa Jadi Panglima TNI
Baca Juga:   Babinsa Koramil 0826-01 Kota Pamekasan, Dukung UMKM Kopi Jahe Warga Binaan

Saat ini, sektor perikanan budidaya maluku utara baru memberikan sumbangsi 40% bagi perekonomian nasional. Namun, prospeknya sangan potensial di masa depan.

“Untuk terus mengembangkan perikanan budidaya, Pemerintah Daerah harus menempuh pendekatan yang bersifat menyeluruh, bersifat terpadu dan bersifat konklusif. Pemda juga harus memberikan perhatian besar pada peningkatan kualitas sumber daya manusia manajemen dan penguasaan teknologi bagi para pelaku perikanan baik perikanan tangkap maupun perikanan budidaya,”pintanya

Untuk mendukung program pemprov menjadikan daerah maluku utara menjadi lumbunh ikan nasional, pemerintah daerah perlu melukakan pengembangan kawasan strategis di seluruh kabupaten kota untuk menjadikan sebagi kawasan sentral produksi perikanan tangkap dan perikanan budidaya.

Baca Juga:   Peringatan HUT Ke-14, PPWI Akan Mengadakan Konferensi Internasional Pewarta Warga
Baca Juga:   Terkait Kebijakan Pasar, Ini Yang Dialami Pedagang

“Dalam rapat kerja terbatas ini kami harapkan mampu mencurahkan program-program konstruktif yang sesuai dengan arah dan kebijakan pembangunan perikanan budidaya Maluku Utara ke depan,”cetusnya.

Raja Man Kaswalat

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Berita Terbaru

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.