Minggu, Maret 3, 2024
Beranda Sample Page

Sample Page Title

Kontras TIMES.COM | Halbar- Sekretaris Jendral Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Taufik Majid, mengacungi jempol pengembangan agrowisata di Desa Jarakore, Kecamatan Sahu, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara.

“Bagus, Agrowisata Halbar di Jarakore itu pendekatannya kawasan, nanti dia sistem freelet dengan Desa-desa tetangga di sekitar Jarakore,”kata Taufik kepada Kontrastimes.com, usai membuka Pencanangan Agrowisata Desa Jarakore dan Panen Ikan Nila Hasil Demplot Kegiatan Program TEKAD, Senin (4/9/2023).

Taufik mengatakan, pencanangan agrowisata berbasis kawasan di Desa Jarakore yang di dalamnya terdapat tambak Ikan Nila serta perkebunan cabe dan tomat merupakan sumber Pariwisata bagi Desa. Namun menurutanya, pengelolaan sumber pariwisata itu diserahkan kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), sebab BUMDes adalah salah satu instrumen perekonomian Desa.

“Untuk bantuan sudah di suplay, kita lihat dulu perkembangannya, estalasenya seperti apa, nah ini disesuaikan dengan kebijakan, kemampuan pendanaan dari Kementerian. Penting kita fasilitasi karena kita punya fasilitator program TEKAD, ada Pendamping Profesional, ada Pendamping Desa dan Tenaga Ahli jadi kita fasilitasi itu,”bebernya.

Selain itu, sambung Taufik, ketersediaan akses pasar juga penting untuk mempromosikan hasil produksi masyarakat, sehingga hasil produksi tersebut tidak hanya bersifat domestik tetapi bisa diserap di Daerah lain.

“Harapan kami, mari bantu Desa dan Pemda untuk betul-betul mengangkat potensi yang ada di Halbar, potensi wisatanya, perikanannya, perkebunannya, semua kita angkat supaya bisa menambah perkembangan ekonomi bagi masyarakat Halbar, termasuk penggunaan Dana Desa itu sendiri,”pungkasnya.

Raja Man Kaswalat

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terbaru

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.