Minggu, Juli 14, 2024
Beranda Sample Page

Sample Page Title

Kontras TIMES.COM | Tulungagung –  Mengingat pentingnya mahasiswa Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan perlu untuk mempelajari tentang hukum, konstitusi, legislasi, maupun perundang-undangan, karena hal tersebut merupakan suatu hal yang  baru dalam dunia pendidikan khususnya fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.

SEMA FTIK UIN Satu Tulungagung menyelenggarakan sekolah legislatif pada tanggal 7-8 Juli 2022 di Aula Arif Mustaqim bersama peserta dari setiap ORMAWA FTIK dan SEMA FTIK sendiri.

Dalam kegiatan tersebut SEMA FTIK mengangkat tema “Membentuk Legislator Muda yang ASIK (Aspiratif, Solutif, Inspiratif, dan Komunikatif)”.

Ali Ashari Ketua Pelaksana menjelaskan, dalam kegiatan sekolah Legislatif ini mengambil tema tersebut diharapkan para partisipan yang mengikuti dapat menjadi seseorang yang mengerti dan faham akan legislasi serta dapat menerapkan dalam kehidupan berorganisasi/bersosial sehari-hari dengan menjadi seseorang yang aspiratif, Solutif, inspiratif dan komunikatif.

Adapun rangkaian acara dengan pemateri hebat dan mahir dalam ranahnya, sebagai berikut:

  1. Hari pertama
    a. Pembukaan
    b. Materi 1 (penguatan ideologi Pancasila dan Karakter Kebangsaan
    c. Materi 2 (advokasi)
  2. Hari kedua 
    d. Materi 3 (legal drafting)
    e. Materi 4 (peran dan fungsi legislasi)
    f. Doa penutup

Sementara itu Ilham Zuhdi Ketua SEMA FTIK menjabarkan, seperti yang kita ketahui bahwasannya permasalahan mahasiswa dalam gerakannya adalah kurangnya edukasi dalam nilai-nilai perundang-undangan, kurangnya wawasan hukum yang ada pada setiap mahasiswa.

“Sehingga mahasiswa enggan berkecimpung dalam permasalahan ormawa dan masyarakat, sekolah legislatif adalah solusi yang tepat untuk memecah semua permasalahan-permasalahan yang ada di ormawa khususnya Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan,” ujar Zuhdi.(09/07/’22)

Zuhdi mengungkapkan, dalam mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut, mahasiswa harus mampu menjadi tolak ukur dalam agen perubahan dengan merealisasikan tujuan yang akan dicapai secara konkrit melalui kegiatan yang positif seperti halnya, sekolah legislatif yang akan diadakan oleh Senat Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

“Melihat mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan kurang mendapatkan pengetahuan mengenai legislasi dan perundang-undangan, maka perlu dilaksanakannya Sekolah Legislatif guna meningkatkan pemahaman dan pengetahuan mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan,” tandas Zuhdi.

Baca Juga:   Gelar Operasi Yustisi, Kodim 0808 Blitar Himbau Warga Patuhi Protkes
Baca Juga:   Gelar Operasi Yustisi, Kodim 0808 Blitar Himbau Warga Patuhi Protkes

“Kami pihak penyelenggara output yang diharapkan yaitu :
1) Peserta dapat menjalin hubungan yang baik sebagai sesama ORMAWA se FTIK
2) Peserta mampu menyampaikan ide, gagasan, serta pikirannya untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi bersama dan menemukan solusi terbaik untuk dilaksanakan bersama.
3) Peserta dapat mengimplementasikan dalam kegiatan Ormawa maupun bermasyarakat sehingga bermanfaat dengan baik.” Tambah Ilham Zuhdi Ketua SEMA FTIK

Sedangkan Abah Muniri WADEK III FTIK UIN Satu Tulungagung menyebutkan, “Harapan yang mampu terucap yaitu partisipan sekolah Legislatif nantinya ketika lulus tidak hanya fokus menjadi pendidik namun juga aktivis pergerakan dalam mengawal kebijakan kebijakan yang ditetapkan oleh pemegang kekuasaan” ungkapnya.

Sementara para peserta yang hadir, terlihat bersemangat dalam mengikuti kegiatan sekolah Legislatif ini dibuktikan dengan mengikuti sampai hari terakhir dan bahkan hadir lebih awal daripada panitia.

Jurnalis : Desi DwAn

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari kontrastimes.com dan download aplikasi kami, menarik untuk dicoba, setelah di install (klik SKIP pojok kanan atas langsung masuk Berita-berita Ter update) di:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kontrastimes.indonesia

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terbaru

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.