Selasa, Agustus 16, 2022

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Wapres Lantik 1.992 Pamong Praja Muda IPDN

Kontras TIMES.COM | Jakarta – Dewasa ini, Reformasi Birokrasi menjadi salah satu prioritas kerja pemerintah. Tujuannya, untuk memperbaiki serta meningkatkan kualitas penyelenggaraan birokrasi yang semakin profesional, lincah dan akuntabel.

Pamong Praja Muda (PPM) Lulusan IPDN selaku pelaksana kebijakan yang menentukan nasib bangsa ke depan, diharapkan dapat mendukung Pemerintah dalam upaya mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik di Indonesia.

“Saya harapkan Saudara terus aktif menjadi motor penggerak akselerasi peningkatan kualitas pelayanan publik. Hadirkan gagasan segar, serta terobosan untuk eskalasi efektivitas dan efisiensi jalannya pemerintahan,” harap Wakil Presiden (Wapres) RI K.H. Ma’ruf Amin ketika melantik 1.992 Calon Pamong Praja Muda (PPM) Lulusan Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) Angkatan XXIX Tahun 2022 di Istana Wakil Presiden, Jl.Merdeka Selatan no.6-7, Jakarta, Selasa (02/08/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Wapres memberikan selamat kepada Pamong Praja Muda yang dilantik dan IPDN yang berhasil meluluskan 1.992 Pamong Praja Muda Program Sarjana Terapan Ilmu Pemerintahan, yang nantinya akan bertugas di seluruh wilayah Indonesia.

Di samping itu, Wapres mengajak partisipasi dalam upaya mengatasi persoalan bangsa yang dihadapi.

“Berbekal ketangguhan, moralitas, integritas, dedikasi, dan daya juang tinggi, saya harapkan Saudara sekalian dapat hadir memberikan solusi atas beragam permasalahan bangsa,” tuturnya.

Selain itu, Wapres juga memberikan arahan untuk memahami tugas pokok dan fungsi serta tantangan dan kondisi di wilayah kerja masing-masing.

“Tidak berhenti di situ, Saudara harus adaptif terhadap perubahan, dan mampu membangun kolaborasi dalam berkinerja, berinovasi, dan berkreativitas,” tegasnya.

Dengan diiringi doa, Wapres secara resmi telah melantik Pamong Praja Muda Lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri Angkatan ke-29 Tahun 2022.

“Akhirnya, dengan mengucap Bismillahirahmanirrahim, secara resmi saya melantik Saudara-saudara sebagai Pamong Praja Muda Lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri Angkatan ke-29 Tahun 2022,” ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian melaporkan bahwa Calon Pamong Praja Muda (PPM) Lulusan Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) Angkatan XXIX Tahun 2022 yang berjumlah 1.992 orang telah diwisuda sebagai Sarjana Terapan Ilmu Pemerintahan pada Kamis, 28 Juli 2022 di Kampung IPDN Jatinangor. Kemudian, Tito melanjutkan bahwa calon pamong praja muda tersebut akan bertugas di Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kota dan Pemerintah Kabupaten di seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga:   Polda Jatim Berbagi 76.000 Bendera Merah Putih untuk Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh
Baca Juga:   Pisah Sambut Kapolres Tulungagung, Ini Harapan Bupati Maryoto

“IPDN sebagai Lembaga Pendidikan kedinasan terbesar, dengan jumlah peserta didik pada tahun ajaran 2021-2022 sejumlah 5.846 orang, terbagi dalam 4 tingkat yang terdiri dari Tingkat I Praja Pratama 1.127 orang, Tingkat Il Praja Muda 1.102 orang,
Tingkat Ill Praja Madya 1.625 orang dan Tingkat IV yang telah di wisuda serta akan dilantik hari ini sejumlah 1.992 orang,” urainya.

Sebagai informasi, pada masa pandemi Covid-19 saat ini, Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) menggelar pelantikan Calon Pamong Praja Muda IPDN secara langsung di dua lokasi, yaitu sebanyak 9 orang yang merupakan perwakilan dari Calon Pamong Praja Muda Lulusan IPDN yang hadir di Istana Wakil Presiden, Jakarta. 9 orang perwakilan tersebut telah mengucapkan ikrar pamong, terdiri dari 1 lulusan terbaik IPDN atas nama Muhammad Isyraqi Aufar Suseno dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sebesar 3,91 serta 8 lainnya merupakan perwakilan lulusan dari beragam agama di Indonesia, diantaranya agama Islam, Kristen, Katholik, Hindu dan Budha. Selain itu, 1.983 lulusan lainnya hadir langsung di Lapangan Kampus IPDN, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat.

Tampak hadir dalam pelantikan tersebut, Menko Bidang Politik, Hukum dan Keamanan merangkap Plt. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Mahfud MD, Rektor IPDN Hadi Prabowo, para Guru Besar, Dosen, dan Pejabat Struktural serta Fungsional IPDN, dan Para Pamong Praja Muda Lulusan IPDN Angkatan ke-29 Tahun 2022.

Sementara Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wakil Presiden Ahmad Erani Yustika, Staf Khusus Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, dan Plt. Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan Slamet Widodo.

Sumber: Setwapres-Rusmin Nuryadin

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terbaru

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.