Sabtu, Maret 2, 2024
Beranda Sample Page

Sample Page Title

Kontras TIMES.COM | Abu Dhabi, – Pada hari ke-3 kunjungan kerjanya di Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab (PEA), Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin berkunjung ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Abu Dhabi di Al Yaqout Street, Embassies District, Plot 42, Sector W59-02, Abu Dhabi, PEA, Senin (05/02/2024).

Tampak hadir menyambut kedatangan Wapres diantaranya Istri Duta Besar Indonesia untuk PEA Farida Husein Bagis, KUAI (Kuasa Usaha Ad Interim) Zaenal Abidin dan Istri, serta Konsul Jenderal RI di Dubai K. Chandra Negara beserta istri.

Kunjungan ini selain untuk bersilaturahmi dengan para pejabat dan pegawai di KBRI Abu Dhabi, juga untuk meninjau ruang layanan yang dimiliki oleh KBRI. Adapun beberapa ruangan yang ditinjau oleh Wapres antara lain Ruang Pelayanan Konsuler, Ruang PPLN (Panitia Pemilihan Luar Negeri), dan Ruang Penampungan PMI (Pekerja Migran Indonesia).

Wapres pun menyampaikan bahwa hadiah bangunan ini bukti dari diplomasi Indonesia yang baik di mancanegara dan bepesan agar gedung yang terbangun megah ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk pelayanan masyarakat Indonesia.

“Hubungan yang erat ini sebagai hasil diplomasi kita yang berhasil membangun persahabatan dan perdamaian di dunia,” ungkap Wapres.

Sebagai informasi, Gedung baru KBRI Abu Dhabi dan Wisma Duta Besar RI dibangun di atas luas tanah 5.574,18 m2 dengan luasan bangunan 5.177,51 m2. Terdapat empat bangunan yakni Gedung Resepsionis, Gedung Pelayanan Kekonsuleran, Gedung Kantor, serta Wisma Duta Besar RI yang kesemuanya berada di Embassy Area di kawasan Mushriff, Abu Dhabi.

Presiden Joko Widodo dan Presiden Mohamed Bin Zayed (MBZ), yang kala itu masih menjabat sebagai Putra Mahkota Abu Dhabi sekaligus Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata PEA, bersama-sama melakukan peletakan batu pertama pada 12 Januari 2020.

Desain gedung baru ini merupakan hasil kolaborasi dari tim KBRI dan konsultan setempat yang kemudian dipilih oleh Presiden Joko Widodo langsung. Proses konstruksi dimulai pada Februari 2020 dan selesai pada Agustus 2022, dilanjutkan dengan pengisian furnitur. Gedung baru ini akhirnya diresmikan dan diserahkan pada November 2022.

Baca Juga:   ASEAN Hari Ini Gelar KTT ALM Mebahas Situasi di Myanmar
Baca Juga:   Presiden Jokowi Sambut Kunjungan Raja Eswatini di Istana Merdeka

Berada di lokasi strategis, gedung KBRI Abu Dhabi yang baru ini tidak jauh dari Jalan Presiden Joko Widodo, Kedutaan Amerika Serikat, Kedutaan Turki, Kedutaan Korea Selatan, Akademi Diplomatik Anwar Gargash, dan juga pusat ekhibisi (Abu Dhabi National Exhibition Center). Megah dan indah, gedung baru ini juga memiliki satu fitur logo Gunungan sebagai memento Keketuaan Indonesia pada G20 di dalam bangunan. (NN/RJP, BPMI – Setwapres/***)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terbaru

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.