Kamis, Mei 30, 2024
Beranda Sample Page

Sample Page Title

KontrasTIMES.COM | Halbar- Direktorat Jendral Bina Keuangan Daerah, Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, menggelae sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 77 Tahun 2020 Tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah.

Giat yang berlangsung di Aula Baikole, Kantor Bupati Halmahera Barat, Kamis (22/12/2022) itu, dihadiri oleh Dirjen Bina Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri, Dr. Drs. A. Fatoni, didampingi Plh Direktur Perencanaan Anggaran Daerah, Direktorat Jendral Bina Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri, Muhamad Valiandra, dan Plt. Direktur Pelaksanaan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah, Direktorat Jendral Bina Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri, Rikie.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, yakni Bupati Halmahera Barat, James Uang, Wakil Bupati Halmahera Barat, Djufri Muhamad, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah, Chuzaema Djauhar, Wakil Ketua DPRD Halbar Robinson Missy, para SKPD dilingkup Pemerintah Kabupaten Halmahera serta Camat se-kabupaten setempat.

Direktur Jendral Bina Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri, Dr. Drs. A. Fatoni, ketika dikonfirmasi Wartawan usai Sosialisasi tersebut, mengatakan tujuan dari sosialisasi Permendagri tersebut untuk meningkatkan pemahaman terhadap Pemerintah Daerah terkait peraturan perundang-undangan di bidang pengelolaan keuangan Daerah.

Selain itu lanjut Fatoni, pihaknya juga mensosialisasikan terkait kebijakan kebijakan pengelolaan keuangan Daerah, dan peningkatan kapasitas di bidang pengelolaan keuangan Daerah. Hal itu dilakukan dengan harapan tata kelola keuangan di Kabupaten Halmahera Barat semakin baik menuju kesuksesan dalam pengelolaan keuangan.

“Tata kelola keuangan Daerah itu sangat penting, karena uang itu harus dikelola dengan baik, baik dari sisi pendapatan maupun dari sisi belanjanya, termasuk didalamnya terkait dengan administrasi pertanggungjawabannya. Kalau tidak benar pertanggungjawabannya, bisa jadi problem, dan juga kalau tidak tepat sasaran juga bisa jadi masalah,”katanya.

Fatoni berharap, dengan adanya kegiatan tersebut, kapasitas SDM di Kabupaten Halmahera Barat bisa meningkat. Tak hanya itu, ia juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah Halmahera Barat yang telah berupaya untuk memberikan yang terbaik dalam hal peningkatan Sumber Daya Manusia dibidang pengelolaan keuangan Daerah.

Baca Juga:   Letkol Suhendar, Apresiasi Kesadaran Masyarakat Akan Pentingnya Kesehatan

“Kami apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Halmahera barat, walaupun jauh dari Ibu Kota Negara tetap semangat untuk meningkatkan SDM nya, saya tegaskan SDM itu kunci keberhasilan Pemerintah Daerah selain dana. Jadi dana penting SDM juga penting. Bahkan dengan SDM yang berkualitas tanpa dana bisa berbuat inovasi inovasi dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang ada, sehingga tidak selalu tergantung dari dana,”tuturnya.

Baca Juga:   Hadiri Milad ke -16 Majelis Dzikir Riyadhul Jannah, Wapres Imbau Umat Lakukan Jihad Ekonomi Hadapi Krisis

Sementara itu, Bupati Halmahera Barat, James Uang mengucapkan terima kasih atas kunjungan Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri bersama rombongan. James berharap para SKPD bisa menyimak dan memahami dengan baik paparan materi sosialisasi tersebut.

“Kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya, kunjungan pak Dirjen adalah pembawa berkah bagi Pemerintah Daerah Halmahera Barat. Untuk SKPD saya berharap dapat mengikuti materi sosialisasi ini dengan baik, simak dengan baik sehingga menjadi pengetahuan dalam pengelolaan keuangan Daerah,”pungkasnya.

Raja Man Kaswalat

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terbaru

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.