Selasa, Agustus 16, 2022

Wabup Blitar Buka Event Parade Dalang Bocah ’22 Tingkat Provinsi Jatim

Kontras TIMES . COM I Kabupaten Blitar – Wabub Blitar Rahmat Santoso menghadiri dan membuka event parade dalang bocah tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2022 Minggu, (26/6/2022) di area diorama Candi Penataran Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar pukul 15.00 WIB sore.

Parade dalang bocah tingkat Provinsi Jawa rutin digelar setiap tahun. Dan tahun 2022 Kabupaten Blitar ditunjuk sebagai tuan rumah.

Makdhe Rahmat menyampaikan, wayang merupakan salah satu puncak seni budaya bangsa Indonesia yang paling menonjol di antara banyak karya budaya lainya.

” Mengawali sambutan ini saya menyampaikan kembali ucapan terimakasih dan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur berkat kerjasamanya dengan Pemerintah Kabupaten Blitar dalam rangka parade dalang bocah tingkat Provinsi Jawa Timur yang menampilkan 5 dalang bocah terbaik hasil seleksi dan dari penilaian tim juri dapat dilaksanakan di Kabupaten Blitar.

Saya sangat bangga dan sangat mendukung kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Pariwisata Provinsi Jawa Timur melalui UPT Pelatihan dan Kesenian dapat mencetak seniman dan seniwati muda termasuk dalang muda yang kedepan sebagai salah satu pelaku pelestari budaya dan pengembangan seni kesenian khususnya wayang kulit yang merupakan warisan budaya dunia.

Wayang salah satu pilar utama seni budaya adi luhung dan didalam wayang mengandung banyak pelajaran – pelajaran fatwa serta simbul – simbul yang menjadi nilai hidup moral bangsa Indonesia terutama masyarakat jawa. Untuk itu festival atau parade dalang bocah harus terus dilaksanakan secara rutin ditingkatkan secara berkelanjutan mengingat sekarang ini berbagai budaya masuk di negara Indonesia dan kita semuanya yang mengarahkan anak – anak kita agar tetap cinta kepada seni dan budaya Indonesia,”jelas Rahmat Santoso.

Dalam waktu yang sama Sinarta Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jatim mengungkapkan, Wayang meliputi seni peran, seni suara, seni musik, seni tutur, seni sastra, seni lukis, seni pahat, dan seni perlambang.Wayang juga sebagai media penerangan, media dakwah, pendidikan, hiburan, serta pemahaman filsafat.

Baca Juga:   Tingkatkan Produktivitas: Bupati Ipuk Gelontorkan 197 Ton Benih Padi untuk Petani

” Dalam agenda parade dalang bocah ini kita datangkan pemikir dan pengamat yang mampu melihat perkembangan dari pada kemampuan mulai dari dalangnya, pengrawitnya, swarawatinya, sebagai bahan kajian ketika kita nanti melakukan pengembamgan dunia pedalangan.

Baca Juga:   Jaga Generasi Penerus Bangsa, Kapolri Berikan Dukungan Psikososial ke Anak Terdampak Covid-19

Pada tahun 2022 ini dan setiap tahun Provinsi Jawa Timur selalu mengadakan parade dalang bocah tingkat Jawa Timur.

Dan tahun ini ada 5 daerah yang terpilih diantaranya, Kabupaten Tulungagung, Ponorogo, Mojokerto, Surabaya, kita datangkan ke Blitar.

Bisa jadi Blitar ini nanti menjadi pusat wisata kebudayaan bagaimana kita mengemas dan menggerakkan bagi pelaku budaya nusantara untuk bisa Blitar menjadi pusat kebudayaan yang unggul,” pungkas Sidarta.

(Din/Red)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terbaru

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.