Jumat, Maret 31, 2023

Wapres Dorong STAI Shalahuddin Al-Ayyubi Jadi Garda Terdepan dalam Tanamkan Nilai Karakter Kebangsaan Generasi Muda

Kontras TIMES.COM | Jakarta,- Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menghadiri acara Wisuda Sarjana Angkatan ke-26 Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Shalahuddin Al-Ayyubi, secara daring di Jakarta, Minggu (22/01/2023).

Dalam sambutannya, Wapres menyampaikan agar perguruan tinggi, salah satunya STAI Shalahuddin Al-Ayyubi, dapat menciptakan generasi penerus bangsa yang unggul melalui penanaman nilai-nilai karakter kebangsaan pada generasi muda.

Sebab, karakter kebangsaan ini merupakan dasar dalam membentengi generasi muda dari paham-paham menyimpang.

“Karakter kebangsaan menjadi fondasi primer, sekaligus filter penting untuk mencegah radikalisme serta paham-paham lain yang tidak sejalan dengan Pancasila,” tutur Wapres.

Lebih lanjut Wapres menyampaikan, khususnya di era saat ini dimana arus informasi dan budaya asing dapat menginfiltrasi dengan cepat. Penguatan nilai-nilai karakter kebangsaan pun menjadi penting untuk diasah setiap hari. Sebab, rasa nasionalisme dan patriotisme tidak dagang dalam sehari, melainkan melalui penerapan yang berkesinambungan.

“Pembentukan karakter, utamanya karakter kebangsaan, memerlukan proses dan waktu yang tidak sebentar, sehingga harus dilatih dan dikembangkan secara berkesinambungan,” papar Wapres.

“Salah satunya melalui pendidikan keagamaan, yang pendekatannya meliputi aspek pengetahuan, akhlak, juga akidah. Utamanya juga mencakup ajaran untuk bertoleransi menghargai keragaman, dan menjunjung persatuan dan kesatuan bangsa,” tambahnya.

Di sisi lain, pada kesempatan yang sama Wapres juga menyampaikan bahwa karakter Indonesia yang demokratis tidak lepas dari sumbangsih perguruan tinggi Islam. Sebagai contoh, imbuh Wapres, telah banyak tokoh muslim yang lahir dari perguruan tinggi Islam yang dalam karirnya menjadikan mereka tokoh dan jutu bicara Islam Indonesia yang ramah, toleran, berbudaya, dan damai di kancah internasional.

Oleh karena itu, Wapres berharap agar STAI Shalahuddin Al-Ayyubi dapat meneruskan sumbangsih ini melalui peserta didiknya yang akan membawa Islam dan Indonesia yang baik di dunia global di masa depan.

Baca Juga:   Ketua DPI : Legalisasi “Law As a Tool of Crime” di Penangkapan Wilson Lalengke

“Sebagai salah perguruan tinggi Islam di Indonesia, STAI Shalahuddin Al-Ayyubi saya harapkan mampu mencetak tokoh-tokoh nasional muslim yang mengisi pembangunan, membawa perubahan menuju kemajuan, serta senantiasa mengharumkan nama baik bangsa di mata dunia,” pungkas Wapres. (RN, BPMI – Setwapres)

Baca Juga:   Pererat Silaturahmi, Koramil 1710-07 Mapurujaya Gelar Komsos dengan Komponen Masyarakat


Sumber -R2-Setwapres-Rusmin Nuryadin

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terbaru

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.