Selasa, Maret 5, 2024
Beranda Sample Page

Sample Page Title

Kontras TIMES.COM | Surabaya, – Usai mengunjungi Kabupaten Jombang di hari sebelumnya, pagi ini Kamis (16/03/2023), Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin menghadiri Rapat Terbuka Senat Akademik Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Jl. Lidah Wetan, Kec. Lakarsantri, Surabaya.

Senat Akademik UNESA memberikan gelar profesor kepada Siti Nur Azizah dalam bidang Ilmu Hukum Bisnis Halal pada Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNESA. Pada kesempatan ini, Siti Nur Azizah menyampaikan orasi ilmiahnya dengan judul “Jaminan Produk Halal Melalui Audit Mutu Hukum Menuju Era Industri Halal”.

“Saya berharap, pada masa yang akan datang segenap peraturan perundang- undangan terkait dengan jaminan produk halal dan industri halal sebagai bagian bisnis halal diwujudkan dalam suatu Omnibus Law,” jelas Azizah.

“Yaitu undang-undang tentang bisnis halal mencakup di dalamnya peraturan di bidang perindustrian, perdagangan, perlindungan konsumen, penanaman modal, pengaturan pangan, pengaturan pertanian, dan jaminan produk halal yang pada pokoknya mengatur bisnis halal menuju pembangunan industri halal melalui pasar halal,” tambahnya.

Lebih jauh, Azizah menuturkan bahwa dalam penerapan hukum terkait regulasi industri di bidang hukum bisnis halal, termasuk industri halal, maka perlu diperhatikan harapan dari sisi hukum maupun masyarakat.

“Pertama, harapan hukum bisnis halal, yaitu penerapan hukum yang sesuai dengan harapan pembuat undang-undang, yaitu dengan penafsiran otentik,” ungkapnya.

“Yang kedua, harapan masyarakat, yaitu harapan dari pelaku usaha dan konsumen, serta industri halal itu sendiri yang melampaui harapan yang sebenarnya yakni harapan yang melampaui apa yang dicita-citakan masyarakat sesungguhnya agar dapat memperoleh kepastian hukum, keadilan hukum dan kemanfaatan hukum dari keberadaan industri halal Indonesia,” jelas Azizah.

Pada kesempatan yang sama, Rektor UNESA Nurhasan mengapresiasi gelar baru yang disandang oleh Siti Nur Azizah, yang akan bermanfaat bagi industri halal Indonesia di masa mendatang.

“Sumbangan penting bagi keilmuan hukum dan kepastian jaminan produk halal melalui audit mutu hukum menuju era industri halal yang berkembang pesat,” tutur Nurhasan.

Baca Juga:   Dukung Penanganan 3 Program Prioritas, Wapres : Pemerintah Indonesia Manfaatkan Tata Kelola Air Bersih yang Cukup dan Berkelanjutan

“Perlu kepastian hukum dalam mengembangkan industri halal melalui audit hukum di Indonesia. Sangatlah tepat pengukuhan Profesor hari ini bisa menjadi momentum kebangkitan industri halal di Indonesia,” imbuhnya.

Baca Juga:   Keputusan Bulat, LPSK Batalkan Perlindungan Darurat Tersangka Bharada E

Usai menyaksikan prosesi Pengukuhan Guru Besar Siti Nur Azizah, masih di lokasi yang sama, Wapres juga menandatangani prasasti sebagai tanda diresmikannya Fakultas Kedokteran, Laboratorium Anti Doping, dan Sentra Latihan Olahragawan Muda Potensial Nasional Universitas Negeri Surabaya.

Hadir dalam acara tersebut, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, dan seluruh jajaran civitas academica UNESA.

Selain Ibu Hj Wury Ma’ruf Amin tampak hadir mendampingi Wapres di antaranya Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono Wahjoe Sedjati, Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi, Masykuri Abdillah, Robikin Emhas, dan Zumrotul Mukaffa, serta Tim Ahli Wapres Johan Tedja dan Farhat Brachma. (DAS/SK – BPMI, Setwapres)

Sumber: RI-2 Setwapres-RN

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terbaru

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.