Minggu, Maret 3, 2024
Beranda Sample Page

Sample Page Title

Kontras TIMES.COM | Jakarta – Dana sosial umat Islam merupakan salah satu kekuatan pembangunan ekonomi, baik ekonomi syariah, maupun ekonomi nasional secara umum.

Oleh karena itu, peran aktif pengelola zakat masyarakat seperti Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) penting bagi pemerataan pembangunan. 

“Saya menitipkan harapan kepada Baznas. Semoga beasiswa yang diberikan bisa lebih banyak lagi. Harapannya, para santri kelak dapat menjadi teknokrat, birokrat, dan pemimpin Indonesia, yang di antaranya adalah penerima Beasiswa Baznas,” ujar Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin saat membuka Peluncuran Beasiswa Santri Baznas, di Istana Wakil Presiden, Jl. Medan Merdeka Selatan No.6 , Jakarta Pusat, pada Sabtu (22/10/2022).

Dalam acara tersebut, Wapres juga menekankan bahwa beasiswa santri Baznas diharapkan mampu dorong program penanggulangan kemiskinan yang digencarkan Pemerintah bersama Baznas. 

“Melalui pendidikan tidak hanya saja santri yang berkrmbang,  tetapi kekuarga santri juga akan terangkat secara ekonomi, bahkan juga orang sekeliling pesantren dan orang sekitarnya juga terbantu,” urai Wapres. 

Sebelumnya, Ketua Baznas Noor Achmad mengatakan, pemberian beasiswa kepada para santri merupakan bentuk pengabdian Baznas dalam menyalurkan zakat dari para mustahik (pemberi zakat). 

“Baznas meski sedikit, tapi insyaAllah akan abdikan dirinya kepada santri, dengan beri beasiswa santri baznas.

Tentu [beasiswa] akan ditambah dengan muzakih dari BUMN. Nanti zakatnya diberi ke Baznas untuk tambah beasiswa,” tutur Noor. 

Rencananya, Baznas juga akan memberikan beasiswa kepada 300 santri yang akan melanjutkan pendidikan tinggi ke Mesir. 

“Bahkan kita juga akan luncurkan 300 beasiswa mereka yang lanjut di universitas Al Azhar Mesir. Kami harap Wapres bisa luncurkan langsung di Mesir. 

InsyaAllah mereka yang diberi beasiswa akan menjadi kader bangsa,” pungkas Noor.

Hadir pula dalam acara tersebut, Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian & Pendayagunaan Saidah Sakwan, Direktur Utama Bank Syariah Indonesia Hery Gunardi, Juara MTQ Nasional tahun 2022 Putri Diana, Pimpinan dan Pengurus BAZNAS, serta para santri penerima beasiswa BAZNAS.

Baca Juga:   Terbongkar Perampokan ATM Bank Panin, Tim Polda Riau Ringkus 3 Sipil dan 2 Oknum TNI

Sementara, Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wakil Presiden Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Suprayoga Hadi, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Staf Khusus Wapres Bidang Umum Masykuri Abdillah, dan Staf Khusus Wapres Bidang Politik dan Hubungan Kelembagaan Robikin Emhas.(DMA, BPMI Setwapres)

Baca Juga:   Ingin Tahu Kabarnya Misi MTF Diplomasi Pasukan Garuda, Panglima TNI Datangi Lebanon

Sumber: Setwapres-Rusmin Nuryadin

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terbaru

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.