Selasa, Agustus 16, 2022

Wapres Harapkan Atlet Indonesia Raih Juara Umum Laga ASEAN Para Games XI 2022

Kontras TIMES.COM | Jateng – ASEAN Para Games XI 2022 yang telah resmi dibuka oleh Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin Sabtu malam (30/07/2022) di Stadion Manahan Surakarta, Solo, Jawa Tengah (Jateng), berlangsung mulai 30 Juli hingga 6 Agustus 2022.

Terdapat 14 jenis olahraga yang dipertandingkan, di antaranya atletik, renang, bulutangkis, tenis meja, catur, angkat berat, bocia, judo, goalboal, tenis kursi roda, panahan, CP football, bola volley duduk, dan basket kursi roda.

Indonesia sebagai tuan rumah akan menurunkan sekitar 200 atlet mengikuti semua cabang olahraga yang dipertandingkan. Wapres pun berharap kontingen Indonesia dapat meraih juara umum di ajang tersebut.

“Kita harapkan Indonesia bisa jadi juara umum ya, dan ke depannya memang kita sudah punya Desain Besar Olahraga Nasional, yaitu dalam rangka meningkatkan prestasi dan melakukan pembinaan yang lebih tertata dengan baik, dengan desain target-target,” ujar Wapres Amin kepada awak media usai membuka secara resmi ASEAN Para Games XI 2022.

Wapres mengungkapkan, selama pandemi Covid-19 minim adanya penyelenggaraan event olahraga internasional, sehingga ia memberikan apresiasi atas penyelenggaraan ASEAN Para Games XI tahun ini.

“Alhamdulillah Menpora, Gubernur, Pak Wali Kota bisa menyelenggarakan dan saya kira ini sesuatu prestasi yang luar biasa untuk mendorong semangat atlet para games ini yang memang sudah lama tidak ada event-event internasional yang diharapkan oleh mereka,” tuturnya.

Lebih jauh, terkait atlet-atlet Indonesia yang berhasil berlaga di ASEAN Para Games XI 2022, Wapres menegaskan, akan ada penghargaan yang diberikan kepada para atlet tersebut.

“Dan pemerintah akan memberikan penghargaan sesuai yang sudah direncanakan kepada para atlet-atlet berprestasi,” terangnya.

Sementara, Wali Kota Solo selaku Ketua Indonesia ASEAN Para Games XI 2022 Gibran Rakabuming Raka, menyampaikan kelancaran pembukaan acara hari ini dan nantinya akan ditutup pada 6 Agustus 2022.

Baca Juga:   Presiden Jokowi Menerima Surat Kepercayaan Empat Duta Besar Negara Sahabat, ini isinya

“Alhamdulillah acara opening pada acara ini lancar. Setelah acara ini, akan diselenggarakan acara sampai tanggal 5 [Agustus], dan tanggal 6 [Agustus] akan ada closing ceremony,” terang Gibran.

Baca Juga:   Pangdam V Brawijaya Tinjau Kelayakan Karantina PMI

“Harapannya target untuk meraih juara umum bisa tercapai,” tambahnya.

Selanjutnya, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali juga menyebutkan, pemerintah pusat telah bekerja sama secara optimal dalam mempersiapkan perhelatan ASEAN Para Games XI 2022.

“Sebagaimana sudah kita teken Perpres 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), Ketua Tim Koordinasi tingkat pusat adalah langsung Pak Wapres dan semua sudah kita siapkan, termasuk untuk atlet Para Games kita,” ucap Zainudin.

“Jadi mudah-mudahan Indonesia berjalan tentu di bawah koordinasi Pak Wapres,” tutupnya.

Sumber: Setwapres-Rusmin Nuryadin

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terbaru

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.