Minggu, Maret 3, 2024
Beranda Sample Page

Sample Page Title

Kontras TIMES.COM | Jakarta, – Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin yang juga Ketua Badan Pengarah Percepatan Otonomi Khusus Papua (BP3OKP) didampingi Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin akan melakukan serangkaian kunjungan kerja di Provinsi Papua, Provinsi Papua Pegunungan, dan Provinsi Papua Selatan pada 9 sampai dengan 13 Oktober 2023.

Sebelum tiba di tanah Papua, Wapres akan singgah sejenak di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Senin (09/10/2023).

Menggunakan Pesawat Kepresidenan TNI AU Boeing 737-400, pukul 09.00 WIB Wapres lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma menuju Pangkalan TNI AU Sultan Hasanuddin, Kabupaten Maros, Sulsel. 

Setelah menempuh penerbangan sekitar 2 jam 20 menit, Wapres tiba di Pangkalan TNI AU Sultan Hasanuddin, disambut oleh Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel Andi Muhammad Arsjad dan Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sulsel.

Di Kota Makassar ini, Wapres akan menyaksikan Ground Breaking Proses Pembangunan Masjid Hajjah Andi Nurhadi dan Peletakan Batu Pertama AAS International Hospital. Setelahnya, pukul 15.30 WITA Wapres dijadwalkan melanjutkan penerbangan menuju Bandara Sentani Jayapura, Provinsi Papua.

Usai menempuh penerbangan sekitar 3 jam 25 menit, pada 19.55 WIT Wapres beserta Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin akan tiba di Bandara Sentani Jayapura, disambut oleh Pj. Gubernur Papua M. Ridwan Rumasukun dan Anggota Forkopimda Provinsi Papua.

Hari berikutnya, Selasa (10/10/2023), Wapres akan memusatkan kegiatan di Kantor Gubernur Papua dengan sejumlah agenda, seperti menerima para tokoh pegiat kemanusiaan Hak Asasi Manusia dan Perdamaian; menerima para pimpinan Asosiasi Pengusaha Asli Papua; serta memimpin Rapat Koordinasi Badan Pengarah Papua (BPP) terkait Kesiapan Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan Sentra Sarana dan Prasarana Pemprov di Empat Daerah Otonom Baru (DOB) dan Kebijakan Pendukung Lainnya.

Hari ke-3 kunjungan kerja, Rabu (11/10/2023), Wapres akan melakukan sejumlah agenda, di antaranya menerima Persekutuan Gereja-Gereja Papua (PGGP), PGG Papua Barat, dan Papua Christian Center (PCC).

Baca Juga:   Sambutan Hangat untuk Wapres dari Anak-anak Indonesia di Singapura

Selain itu, bertempat di Papua Youth Creative Hub (PYCH) Jayapura, Papua, Wapres dijadwalkan menghadiri Penyerahan Sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Sebagai Ketua Tim Koordinasi Pusat Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), Wapres juga akan melakukan dialog dengan para tokoh olahraga Papua di Stadion Utama Papua Bangkit, Jayapura.

Baca Juga:   Wapres KH. Ma’ruf Amin Dukung Sulawesi Tengah Jadi Pusat Kawasan Pangan Nasional

Usai melaksanakan kegiatan di Jayapura, Papua, Wapres bertolak menuju Bandar Udara Wamena, Provinsi Papua Pegunungan, menggunakan Pesawat Hercules VIP, Kamis (12/10/2023). Di kota tersebut, Wapres akan menghadiri Peletakan Batu Pertama Sarana dan Prasarana Provinsi Papua Pegunungan, serta bertemu dengan jajaran Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan, para Bupati Papua Pegunungan, serta tokoh masyarakat di Papua Pegunungan.

Di hari yang sama, Wapres akan melanjutkan penerbangan menuju Bandar Udara Mopah, Merauke, Provinsi Papua Selatan untuk melakukan Penandatanganan Prasasti Peletakan Batu Pertama Sarana dan Prasarana Kantor Pemerintahan Provinsi Papua Selatan. 

Selepas melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan di Tanah Papua, Wapres dijadwalkan kembali ke Jakarta pada Jumat (13/10/2023).

Pada kunjungan kali ini Wapres akan memastikan percepatan pembangunan otonomi khusus Papua tetap dalam komitmen perlindungan hak asasi manusia, khususnya bagi Orang Asli Papua (OAP). Selain itu, ia juga akan fokus pada sektor pendekatan keamanan, serta mendorong program Desain Besar Olahraga Nasional dapat diimplementasikan oleh para atlet, tokoh, dan masyarakat Papua.

Keseluruhan rangkaian kunjungan kerja Wapres kali ini merupakan wujud nyata komitmen Wapres dalam membantu kinerja Presiden Joko Widodo menyiapkan generasi terbaik, utamanya untuk generasi muda Orang Asli Papua. Selain itu, Wapres juga berupaya memperkuat keselarasan antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan tokoh adat, khususnya menjelang Pemilu 2024, serta memastikan fungsi pelayanan publik dapat berjalan secara efektif dan berintegritas.

Turut mendampingi Wapres pada rangkaian kunjungan kerja kali ini Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan Velix Wanggai, Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono Wahjoe Sejati, Staf Khusus Wapres Bidang Reformasi dan Birokrasi Mohamad Nasir, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Staf Khusus Wapres Bidang Umum Masykuri Abdillah, Staf Khusus Wapres Bidang Politik dan Hubungan Kelembagaan Robikin Emhas, Staf Khusus Wapres Zumrotul Mukaffa, serta Tim Ahli Wapres Farhat Brachma, Johan Tedja Surya, dan Sukriansyah. (DAS/SK – BPMI, Setwapres/***)

Baca Juga:   Dukung Akselerasi Penguasaan Bahasa Arab, Wapres Resmikan Kampus PUSIBA Bekasi

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terbaru

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.