Selasa, April 23, 2024
Beranda Sample Page

Sample Page Title

Kontras TIMES.COM | Bandung,– Menjelang akhir tahun, Indonesia diprakirakan akan memasuki musim hujan pada bulan Oktober hingga Desember 2023. Pada November ini, beberapa wilayah di Indonesia pun sudah mendapatkan curah hujan tinggi.

Hal ini menyebabkan terjadinya banjir dan longsor di beberapa daerah. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi terjadinya bencana yang mungkin terjadi akibat curah hujan tinggi, diperlukan antisipasi dan mitigasi yang baik dari semua pihak.

“Harus kita siapkan [mitigasi bencana] dan antisipasi,” tegas Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin dalam keterangan persnya usai memberikan Orasi Ilmiah pada Sidang Senat Terbuka Universitas Islam Nusantara (UNINUS) di Aula UNINUS, Jl. Soekarno Hatta No. 530, Sekejati, Kec. Buah Batu, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (16/11/2023).

Lebih lanjut Wapres menyampaikan, dari sisi masyarakat, seluruhnya diharapkan dapat melakukan antisipasi datangnya musim hujan ini, sebagai garda pertama dalam penanggulangan terjadinya bencana banjir dan longsor.

“Masyarakat harus siap. Apalagi yang biasa kena banjir, atau kena longsor, itu sudah harus bersiap-siap untuk mengantisipasi segala kemungkinan. Jadi masyarakat sendiri yang sudah paham, wah ini ada ini [potensi banjir dan longsor], kita harus siap-siap,” imbuh Wapres.

Sementara dari sisi pemerintah daerah, Wapres meminta agar dilakukan persiapan dalam hal literasi bencana, hingga penyediaan saluran air yang baik dan memadai.

“Kemudian juga pemerintah daerah, harus menyiapkan juga menyangkut masalah saluran-saluran, sungai-sungai, dan tanggul-tanggul itu, jangan sampai ada tanggul jebol lagi. Kemudian juga warning (peringatan) kepada masyarakat yang tadi, daerahnya sering ada longsor,” tegas Wapres.

Terakhir, dari pemerintah pusat, Wapres pun memerintahkan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk terus mengawal implementasi mitigasi bencana dan kesiapan petugas di lapangan dalam menghadapi musim hujan ini.

“Pemerintah pusat juga BNPB saya minta juga sudah memetakan daerah-daerah rawan banjir, rawan longsor yang memang biasa terjadi di musim hujan,” pungkas Wapres.

Baca Juga:   Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto Cek Kesiapan Pasukan Elit TNI AL

Hadir mendampingi Wapres dalam keterangan pers ini, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Pj. Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, Ketua Pengurus Yayasan UNINUS Bandung K.H. Hasan Nuri Hidayatullah, dan Plt. Rektor UNINUS Endang Komara. (NN/SK-BPMI, Setwapres/****)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terbaru

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.