Minggu, Juni 16, 2024
Beranda Sample Page

Sample Page Title

Kontras TIMES.COM |  Jakarta,- Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin didampingi oleh Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin dan rombongan terbatas melakukan kunjungan kerja ke Yunani, Slovakia, dan Malaysia, yang akan dimulai pada hari ini, Selasa (21/11/2023). 

Menggunakan Pesawat Garuda Indonesia (GIA-2), diiringi rintik hujan Wapres dan rombongan lepas landas dari Terminal 3 VVIP Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten menuju Bandara Internasional Eleftherios Venizelos, Athena, Yunani, pukul 22.30 WIB. 

“Malam ini rencana Wakil Presiden RI akan melakukan kunjungan ke tiga negara, negara pertama yang akan dikunjungi adalah Yunani, lalu kemudian melanjutkan ke Slovakia, dan yang terakhir nanti akan berkunjung ke Malaysia,” disampaikan oleh Juru Bicara Wakil Presiden Masduki Baidlowi dalam keterangan persnya di Sekretariat Wakil Presiden.

Setelah menempuh penerbangan selama 12 jam 30 menit, Wapres tiba di Yunani yang akan disambut oleh Duta Besar RI Athena Bebeb A.K. Nugraha Djundjunan beserta Ibu Stevanny Djundjunan, dan Atase Pertahanan Roma Kolonel Laut (P) Aminuddin Albek beserta Ibu Irma Febrawati Bima.

Lebih jauh, Masduki menuturkan beberapa agenda pada kunjungan kerja Wapres selama di Yunani, diantaranya adalah pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis untuk membahas peningkatan hubungan kerja sama antara kedua negara. Kemudian, diagendakan pula pertemuan bilateral dengan Wakil Ketua 1 Parlemen Yunani Ioannis Plakiotakis.

“Pembicaraan bilateral mengenai kepentingan investasi bagi kedua negara, bagaimana agar Yunani dan Indonesia saling terhubung dengan baik dalam konteks bisnis dan investasi,” jelas Masduki.

Selanjutnya, pertemuan Wapres dengan Uskup Agung Yunani Ieronymos II yang diagendakan bertempat di Holy Archdiose of Athens juga disebut oleh Masduki sebagai media komunikasi untuk melakukan dialog merawat dan menjaga keberagaman dalam beragama.

“Wapres diundang khusus oleh Uskup Agung Ieronymos II untuk berdialog mengenai pengalaman masing-masing negara dalam konteks bagaimana membangun keberagaman beragama,” ujar Masduki.

Disisi lain, dalam rangka melihat lebih jauh mengenai sejarah peradaban di Yunani, Wapres juga akan mengunjungi beberapa tempat bersejarah, seperti Holy Metropolitan Church of Athens dan Akropolis Athena.

Baca Juga:   Ipuk Fiestiandani Berbagi Inovasi Dalam Webinar Smart City International
Baca Juga:   Bakamla RI Kembali Gelar Latihan VBSS Training Course Bersama UNODC

Kemudian dari Yunani, Wapres akan melanjutkan rangkaian kunjungan kerjanya ke Slovakia. Di negara ini, Wapres diagendakan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Slovakia Zuzana Čaputová.

Selain itu, Wapres juga direncanakan bertemu dengan Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Urusan Ekonomi Republik Slovakia Denisa Sakova dan para pebisnis di Slovakia yang bergerak di bidang industri halal. Tidak hanya itu, Wapres juga akan melakukan pertemuan dengan jajaran Islamic Foundation Slovakia, dialog kebangsaan, serta dialog lintas iman (interfaith dialogue) direncanakan masuk dalam agenda kegiatan Wapres di Slovakia.

“Di Slovakia dengan pengalaman yang dimiliki Indonesia, kita berharap dapat saling bertukar pengalaman dengan pimpinan negara itu,” tutur Masduki.

“Ini juga memang menjadi semacam fokus kinerja dari Wapres untuk bagaimana meluaskan jejaring halal, di mana Indonesia menjadi pusat halal dunia yang diharapkan jejaringnya di Eropa bisa tumbuh disitu,” imbuhnya.

Sebelum kembali ke tanah air, dari Slovakia Wapres akan singgah ke Kuching, Malaysia, untuk menghadiri Pembukaan Global Muslim Business Forum 2023 dan meningkatkan hubungan bilateral kedua negara serumpun ini dengan bertemu Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim dan Premier Sarawak Tan Sri Abang Johari Openg. Selain itu, Wapres juga akan melakukan dialog kebangsaan dengan masyarakat Indonesia yang berada di Kuching, Malaysia.

“Saya kira ini pertemuan yang sangat penting, masih terkait dengan bagaimana membangun industri halal ke berbagai negara,” pungkas Masduki.

Tampak hadir melepas keberangkatan Wapres ke Yunani, yaitu Sekda Gubernur Banten beserta segenap jajaran Forum Koordinasi Daerah Pimpinan (Forkopimda) Provinsi Banten.

Selain Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin, turut mendampingi Wapres dalam kunjungan kerja ini Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Suprayoga Hadi, Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono Wahjoe Sedjati, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Staf Khusus Wapres Bidang Umum Masykuri Abdillah, Staf Khusus Wapres Bidang Penanggulangan Kemiskinan dan Otonomi Daerah M. Imam Azis, Staf Khusus Wapres Bidang Politik dan Hubungan Kelembagaan Robikin Emhas, Staf Khusus Wapres Zumrotul Mukaffa, serta Tim Ahli Wapres Farhat Brachma dan Iggi Haruman Achsien. (DAS/RN/AS – BPMI Setwapres/***)

Baca Juga:   Presiden RI Terima Penyerahan Surat Kepercayaan Enam Duta Besar Negara Sahabat

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terbaru

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.