Kamis, Juni 13, 2024
Beranda Sample Page

Sample Page Title

Kontras TIMES.COM | Jakarta, – Usai rapat membahas mengenai Pelaksanaan Koordinasi Strategis Lintas Sektor Pelayanan Kepemudaan, Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin sore itu juga memimpin rapat pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di Istana Wapres, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (30/5/2023)

Pada rapat ini, Wapres dalam kapasitasnya sebagai Ketua Tim Koordinasi Pusat bersama para Menteri yang merupakan anggota Tim Koordinasi Pusat DBON membahas evaluasi dan kemajuan pelaksanaan DBON serta rencana tindak lanjutnya untuk mencapai target yang telah ditetapkan dalam periode 2022-2024, sebagai tahap awal pelaksanaan road map DBON dalam jangka panjang.

Dalam pengarahannya, Wapres menekankan latar belakang diterbitkannya Perpres nomor 86 tahun 2021 yang merupakan implementasi atas arahan Presiden terkait rancang ekosistem olahraga nasional dan tata kelola pembinaan atlet nasional.

“Selain meningkatkan prestasi olahraga nasional, DBON juga bertujuan untuk meningkatkan budaya olahraga di masyarakat, serta memajukan perekonomian nasional berbasis olahraga,” terang Wapres dalam pengantar rapat.

Dengan memperhatikan bahwa selama 20 tahun terakhir partisipasi masyarakat berolahraga masih rendah, lanjut Wapres, yaitu di sekitar 30 persen, maka perlu ditingkatkan kesadaran masyarakat dalam berolahraga agar tercapai angka partisipasi sebesar 40 persen pada tahun 2024, dan perlu terus ditingkatkan sehingga olahraga menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat.

Sebagaimana diamanatkan melalui Perpres Nomor 86 tahun 2021, pelaksanaan DBON (2021-2045) terbagi dalam 5 tahapan, dan melalui Peta Jalan (road map) yang disusun, diharapkan target-target DBON dapat terwujud. Selain itu, diharapkan program DBON masuk dalam RPJPN dan RPJMN sehingga ada kepastian kebijakan yang mendukung pelaksanaan dan keberlanjutan dari DBON.

Pada rapat DBON yang kedua kalinya dilaksanakan sejak terbitnya Perpres nomor 86 tahun 2021 tersebut, Wapres meminta Menteri Pemuda dan Olahraga untuk terus membangun sinergi lintas sektoral terkait pelaksanaan program DBON baik di pusat maupun di daerah.

Baca Juga:   Wapres KH.Ma'ruf Amin Dorong ISMI Lakukan Upaya Nyata Pemulihan Ekonomi Nasional

Selain itu, Wapres juga meminta kepada seluruh Kementerian/Lembaga untuk meningkatkan komitmen bersama untuk menyukseskan pelaksanaan DBON.

Baca Juga:   Wapres KH. Ma’ruf Amin Berikan Tiga Pesan Strategis Untuk KDEKS Sulawesi Tenggara

Sebagai arahan penutup, Wapres pun menekankan agar Menteri Pemuda Olahraga dapat mengawal pelaksanaan program, pemantauan dan evaluasi secara terpadu dan berkala sehingga dapat diukur kualitas, capaian dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya.

Tampak hadir dalam rapat ini diantaranya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri BUMN Erick Thohir , Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Menkumham Yasonna Laoly , Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid, dan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono. (RN, BPMI – Setwapres)

Sumber: RI-2 Setwapres

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terbaru

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.