Kamis, Juni 13, 2024
Beranda Sample Page

Sample Page Title

Kontras TIMES.COM | Yogyakarta- Menanggapi pertanyaan beberapa Awak Media terkait polemik pernyataan Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi Azwar Anas yang mengatakan bahwa anggaran penanggulangan kemiskinan lebih banyak digunakan untuk rapat dan perjalanan dinas.

Wapres KH.Ma’ruf Amin menegaskan, sekaligus mengingatkan bahwa dana penanggulangan kemiskinan harus tepat sasaran. 

“Jadi mungkin maksudnya itu jangan sampai, imbauan Menteri PAN dan RB itu, terlalu besar kepada anggaran yang sifatnya [untuk] biaya perjalanan studi banding, sehingga menyedot, jangan terlalu besar,” ujar Wapres saat menjawab pertanyaan awak media menjelang kembali ke Jakarta di Istana Kepresidenan Yogyakarta, Sabtu (04/02/2023).

“Memang kita selalu [jaga] jangan sampai terlalu [besar untuk rapat dan perjalanan dinas], tapi justru tepat sasaran pada kemudian koordinasi programnya yang benar kemudian konvergensi anggarannya,” imbuhnya. 

Lebih jauh, Wapres menjelaskan bahwa anggaran penanggulangan kemiskinan pada dasarnya digunakan untuk dua program, yaitu perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat. 

“Anggaran penanggulangan kemiskinan] itu kan ada dua sebenarnya, yang pertama [untuk] perlindungan sosial supaya mereka bisa kita tahan supaya jangan sampai lebih turun, lebih jauh, [dan supaya] mereka bisa survive,” sebut Wapres. 

Kedua, [anggaran untuk] pemberdayaannya supaya mereka bisa tidak lagi miskin. Dua [anggaran] itu memang besar dan tersebar di berbagai kementerian lembaga,” tambahnya. 

Menurut Wapres, anggaran tersebut wajar apabila jumlahnya besar. Namun yang terpenting adalah ketepatan sasaran, koordinasi progam, dan konvergensi anggaran pada tiap kementerian/lembaga. 

“Anggaran ini jangan sampai masing-masing [kementerian/lembaga] menjalankan sendiri-sendiri, tapi ada konvergensi sehingga anggaran itu efektif,” pintanya. 

Terlebih, tutur Wapres, pemerintah memiliki target yang berat terutama menurunkan angka kemiskinan ekstrem 0% pada 2024, sehingga penggunaan anggarannya harus lebih efisien. 

“Masalah penanggulangan kemiskinan itu bukan masalah anggaran, karena anggarannya sudah besar. Tapi pada kinerja  yang lebih efektif, ini yang harus dibenahi betul,” pungkas Wapres KH. Ma’ruf Amin

Baca Juga:   Bhabinkamtibmas Polsek Ponggok Polres Blitar Kota, Menghadiri Penyerahan BLT

Mendampingi Wapres pada konferensi pers kali ini, Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika dan Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi. (EP/SK-BPMI, Setwapres)

Baca Juga:   Rutin Jaga Kamtibmas, Petugas Patroli Titip Pesan Kamtibmas Kepada Security

Sumber: R2-Setwapres-Rusmin Nuryadin

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terbaru

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.